Penanganan pasien konstipasi - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter desy Sp.PD, izin bertanya bagaimana penanganan pasien dengan konstipasi. Apakah definisi konstipasi masih sama yaitu <3 kali/minggu, atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan pasien konstipasi - Penyakit Dalam Ask the Expert

    07 April 2022, 10:18

    Alo dokter desy Sp.PD, izin bertanya bagaimana penanganan pasien dengan konstipasi. Apakah definisi konstipasi masih sama yaitu <3 kali/minggu, atau konsistensi bab yang mengeras dalam 3 bulan terakhir? Bagaimana penanganan pasien yang baru terjadi perubahan pola bab jarang/mengeras yang baru saja terjadi? Apakah ada perbedaan eficacy obat pelancar bab yang diberikan supp seperti microlax atau dulcolax atau yang diberikan peroral seperti kompolax atau bisacodyl? Obat mana yang paling aman sebagai lini ke 1? Apakah ada terapi lain yang dapat disarankan seperti akupuntur atau lainnya jika belum ada tanda bahaya?

07 April 2022, 10:40
dr.Desy Puspa Putri, Sp.PD.
dr.Desy Puspa Putri, Sp.PD.
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
ALO Dokter Muhammad Ramadhan, sejauh ini definisi konstipasi masih sama Dokter, yakni buang air besar tidak lampias dan frekuensi bab tidak rutin, ditandai BAB kurang dari 3 kali per Minggu, kesulitan saat mengeluarkan feses atau keduanya.Jika pasien datang dan memenuhi kriteria tersebut, maka bisa kita tegakkan sebagai konstipasi. Jika keluhan dirasakan sudah 3 bulan, dianggap sebagai konstipasi kronik.Pemberian laksatif osmotik seperti PEG dan gula yang tidak diserap sepeti lactulosa dinilai lebih aman pada tahap awal, namun bisa juga dikombinasikan dg laksatif stimulan seperti bisacodyl ataupun Senna, namun tidak dianjurkan terus menerus karena bisa memicu enteropati.Terapi yang disarankan terutama perubahan gaya hidup, termasuk asupan serat dan cairan yang cukup, serta pemberian laksatif, probiotik, dan biofeedback untuk membantu memperbaiki perilaku defekasi.Semoga bermanfaat, Dokter!