penanganan kasus curiga intoksikasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, saya ingin bertanya mengenai kasus curiga intoksikasi. Soalnya kemarin saya dapat pasien yg datang dibawa keluarganya dengan kondisi gaduh gelisah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • penanganan kasus curiga intoksikasi

    25 Januari 2019, 14:50
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, saya ingin bertanya mengenai kasus curiga intoksikasi. Soalnya kemarin saya dapat pasien yg datang dibawa keluarganya dengan kondisi gaduh gelisah dan sulit diajak komunikasi. Menurut keluarganya pasien sebelumnya kira-kira 30 menit SMRS mengeluh dada terasa panas dan muntah hingga 4 kali disertai mulut berbusa. keluarga curiga pasien post meminum cairan pestisida namun keluarga ragu dikarenakan tidak ada saksi yang melihat langsung.

    Pada pemeriksaan vital sign didapatkan TD 140/90, HR 77x/m, RR 24x/m suhu 37 C.

    Bagaimana penanganan pada kasus seperti ini jika penyebab keracunannya blm jelas dok? mengingat pada kasus intoksikasi yg butuh penanganan segera sementara kita belum mendapat informasi jelas mengenai kecurigaan trhadap adanya intoksikasi. Adakah yg punya guideline terbaru penanganan kasus intoksikasi? Terimakasih dok. 

25 Januari 2019, 15:51

selamat siang Dokter, untuk pasien dewasa saya saya sempat baca pada link berikut https://www.msdmanuals.com/professional/injuries-poisoning/poisoning/organophosphate-poisoning-and-carbamate-poisoning#v1119312  dan  pada anak pada link berikut http://www.ichrc.org/154-racun-khusus  

- Tetap harus dicari tau apa bahan yang menyebabkan keracunan nya karena penanganannya akan bergantung juga pada bahan pasti penyebab keracunannya namun jika kecurigaan kearah pestisida maka:

- Pastikan jalan nafas bersih dan tetap lakukan bantuan hidup dasar sesuai kondisi pasien serta lakukan supportif terapi 

- Berikan arang aktif jika tertelan sebelum 1 jam dan lakukan dekontaminasi 

- Jangan rangsang muntah karna kebanyakan pestisida bahan pelarutnya adalah hidrokarbon

- Jika menunjukkan adanya hiperaktivasi parasimpatik maka berikan atropin per 15 menit

- Jika ada tanda otot lemah berikan pradiloksim (kolinesterasi reaktivator)  dengan tetap memantau tanda- tanda vital tanda hipoksemia.

mungkin ada TS yang menemukan guideline terbaru CMIIW 

26 Januari 2019, 10:24
Terimakasih atas infonya Dok. 
26 Januari 2019, 22:08
Terimakasih untuk share journal dan penjelasan managemen yang diberikan dr.Mery😊
29 Januari 2019, 16:31
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih informasinya dok. 
26 Januari 2019, 16:17
Sangat bermanfaat dan terima kasih sharing ilmunya dok
26 Januari 2019, 22:20
Menanggapi pertanyaan dokter terkait penyebab keracunan yang masih belum dapat dipastikan, maka merujuk dark journal yang dishare dr.Merry 

Organophosphate Poisoning and Carbamate Poisoning

Sebagai poin penting, ditekankan bahwa 
Dugaan ke arah toksisitas semakin kuat jika 
pasien memiliki sindrom toksidrom,  dengan disertai adanya gangguan pernapasan dan neuromuscular yang menonjol.

Sebagai tambahan informasi, sindrom toksidrom adalah sindrom yang  disebabkan level berbahaya toksin didalam tubuh (diantara gejalanya adalah bronchorrhea, confusion, defecation, diaphoresis, diarrhea, emesis, lacrimation, miosis, muscle fasciculations, salivation, seizures, urination, and weakness. ) 

Terimakasih
CMIIW
29 Januari 2019, 16:32
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih atas informasinya dok.
29 Januari 2019, 19:11
Alo Dokter. 
Pengalaman saya menangani pasien dgn cobaan bunuh diri menelan pestisida ataupun detergen, biasanya outcomenya sgt jelek. Pestisida maupun deterjen memiliki efek yg sangat merusak pada mukosa esofagus, yg mengakibatkan eaofagus membengkak, menyempit, bahkan obstruksi total.

Segeralah lakukan kumbah lambung, dengan atau tanpa arang aktif, dan baiknya dilakukan kurang dari 2 jam saat kejadian. Saat melakukan kumbah lambung, biasanya esofagus tidak tercuci, dan ini menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, pasanglah orogastric tube (ukuran besar)  utk mempertahankan patensi esofagus, setidaknya mempertahankan lumen agar tidak tersumbat. Pada bagian tepi2nya, berikan lubang, sehingga bisa mencuci esofagus saat dibilas. Pengalaman di daerah bagi sy tindakan ini cukup bermanfaat walaupun tidak ada dlm textbook.

Berikan terapi obat2an,  antibiotik dan kortikosteroid utk mencegah edema esofagus. Ganti orogastric tube setiap minggu. Walaupun memang pada akhirnya outcomenya jelek, setidaknya patensi esofagus bisa dijaga, setidaknya ada harapan mencegah obstruksi esofagus. Penderita dengan cobaan bunuh diri yg masih bertahan hidup, biasanya akan mengalami disfagia, bahkan hilangnya motilitas esofagus yg pada akhirnya seumur hidup penderita mendapatkan makanan melalui gastrostomy feeding. 

Semoga bermanfaat
29 Januari 2019, 20:09
Terima kasih Dokter sharing ilmunya sangat bermanfaat