Penanganan Asma Anak di tengah Pandemi - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Yth, dr. Wahyuni Indawati, Sp.A(K),Di tengah Pandemi COVID-19 dan keterbatasan terapi nebulisasi untuk anak, mohon arahan untuk terapi kombinasi kontroler...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan Asma Anak di tengah Pandemi - Anak Ask The Expert

    03 Mei 2021, 15:14

    Yth, dr. Wahyuni Indawati, Sp.A(K),

    Di tengah Pandemi COVID-19 dan keterbatasan terapi nebulisasi untuk anak, mohon arahan untuk terapi kombinasi kontroler dan pelega dengan preparat yang ada bentuk turbu atau diskus sehingga tidak bisa menggunakan spacer untuk inhalasi anak-anak. 

    Untuk pelega, tidak dianjurkan untuk mencegah ketergantungan pada pelega.

     

    salam hormat,

    andi

03 Mei 2021, 15:28
dr. Wahyuni Indawati SpAK
dr. Wahyuni Indawati SpAK
Dokter Spesialis Anak

Yth Dr Andi,

Pilihan pengunaan alat terapi inhalasi baik sebagi obat pereda/reliever atau kontroler/pengendali harus memperhatikan usia anak. Penggunaan Dry Powder Inhaler ( DPI ) misalnya turbuhaler/diskus sulit dilakukan/ tidak optimal apada anak usia < 8 tahun, sehingga jika diperlukan alat terapi inhalasi pada anak < 8 tahun terutama untuk obat pengendali jangka panjang sebaiknya digunakan MDI dengan Spacer . Preparat yang ada untuk Turbuhaler sebagai terapi pengendali misalnya Budesonide/Formoterol ( symbicort ) dan diskus misalnya flutikason/salmeterol ( seretide ).

Nebulisasi selama pandemi sangat dibatasi , dapat dilakukan pada asma serangan berat di ruangan yang memenuhi kriteria khusus dan petugas dengan APD.

Semoga dapat  menjawab pertanyaannya