Pemilihan jenis implan pada breast augmentation - Bedah Plastik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Johannes Albert, Sp.BP-RE, izin bertanya dokter.Untuk breast augmentation, pilihan jenis implan apa yang tersedia dan paling aman? Lalu untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemilihan jenis implan pada breast augmentation - Bedah Plastik Ask The Expert

    17 Juni 2021, 15:10

    Alo dr. Johannes Albert, Sp.BP-RE, izin bertanya dokter.

    Untuk breast augmentation, pilihan jenis implan apa yang tersedia dan paling aman? Lalu untuk transfer lemak dari bagian lain ke payudara itu apakah cukup aman untuk dilakukan? Mana yang lebih baik antara implan silikon gel dan lemak?

    Terimakasih sebelumnya ­čÖĆ

17 Juni 2021, 15:41
dr. Johannes Albert B. SpBP-RE
dr. Johannes Albert B. SpBP-RE
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Material pengisi implan payudara secara umum ada silicone gel dan normal saline. Namun, setau saya yang tersedia di Indonesia adalah yang silicone gel. Penggunaan implan ini relatif aman asal operasi dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik dan menggunakan produk yang teregistrasi. Demikian juga dengan transfer lemak, prosedur ini aman bila dilakukan oleh dokter spesialis yang kompeten. Pilihan implan dan transfer lemak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keuntungan transfer lemak adalah materialnya natural dan autologus, tetapi biasanya perlu lebih dari 1x prosedur untuk mendapatkan volume yang sebanding dengan implan.