Pemeriksaan CT Jantung pada pasien wanita - Jantung Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Roy SpJP.. Pasien wanita 42 tahun, memiliki riwayat ventrikel extrasistole yang kadang2 dirasakan sejak usia 35-an tahun. Saat ini datang dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemeriksaan CT Jantung pada pasien wanita - Jantung Ask the Expert

    07 Mei 2021, 12:40
    dr. Indiradewi
    dr. Indiradewi
    Dokter Umum - Kecantikan

    Alo dr. Roy SpJP.. 

    Pasien wanita 42 tahun, memiliki riwayat ventrikel extrasistole yang kadang2 dirasakan sejak usia 35-an tahun. Saat ini datang dengan keluhan kadang2 terasa nyeri dada kiri, tidak sesak. Pasien belum menopause. Hasil EKG dan treadmill test normal, apakah pasien ini layak untuk dianjurkan pemeriksaan CT Jantung dok? Apakah berlebihan? terimakasih 

07 Mei 2021, 14:35
dr. Roy Christian
dr. Roy Christian
Dokter Spesialis Jantung
Trima kasih dr. Indiradewi,
Gejala yang dirasakan Pasien dengan ventrikel ekstrasistole cukup beragam, kebanyakan Pasien tidak merasakan keluhan apa2, biasanya ditemukan saat periksa ke dokter atau MCU. Sebagian yang lain ada yang mengeluh berdebar, nyeri dada, rasa melayang, dsb.
Nah pada Pasien tersebut perlu dianalisa apakah ada kemungkinan yang cukup besar terjadinya penyakit jantung koroner? adakah faktor2 resiko yang cukup bermakna misalnya faktor keturunan, DM, hipertensi, dislipidemia dsb. Kemungkinan juga tentang keluhan nyeri dadanya, karena pada ventrikel ektrasistol juga bisa muncul nyeri dada namun biasanya hanya sebentar atau beberapa detik. Sedangkan pada PJK biasanya berlangsung beberapa menit sampai 5-10 menit, juga biasanya berkaitan dengan aktivitas.
Bila keluhan nyeri dada dan faktor resiko mengarah ke penyakit jantung koroner cukup kuat (moderate-high likelihood) barulah kita perfimbangkan pemeriksaan CT Jantung mengingat hasil EKG dań treadmill test nya normal.