Pasien balita dengan dengan Kejang - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ijin Diskusi sejawat dan senior sekalian...🙏🙏Pasien balita dengan dengan Kejang saat ke klinik dan suhu 38,5 derajat Celsius. Setelah dilakukan simple...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien balita dengan dengan Kejang

    13 April 2022, 16:16

    Ijin Diskusi sejawat dan senior sekalian...🙏🙏

    Pasien balita dengan dengan Kejang saat ke klinik dan suhu 38,5 derajat Celsius. Setelah dilakukan simple konfirmasi tes malaria dengan Rapid Diagnostik test di dapati hasil positif malaria.

    Setelah diberikan terapi antimalaria namun pasien balita tersebut masih menderita kejang dan saya putuskan utk pemberian antikonfulsan steasolid rectal. Pasien kemudian tdk ada bangkitan kejang lagi, namun pasien tampak somnolen hingga beberapa jam setelah pemberiaan medikasi tersebut.

    Apakah perlu pemberian medikasi farmakoterapi utk reverse/pembalikan keadaan Somnolen akibat side effect benzodiasepin tadi (stesolid Rectal)?

    Terimakasih....🙏🙏🙏

13 April 2022, 16:23

Alodokter Kaleb, 

pemberian stesolid rectal merupakan salah satu terapi antikonvulsan yang mudah dilakukan diklinik. namun perlu diingat obat ini merupakan golongan dari sedatif / hipnotik yang memiliki efek sedasi, dan biasanya berlangsung sekitar 30 menit s/d 1 jam. 

menurut saya, sebaiknya ditunggu saja sampai dengan pasien sadar baik, dan kemudian dilkaukan tindakan selanjutnya. untuk pasien dengan kejang demam pertama bukankah seharusnya MRS? apalagi kalau sampai somnolen beberapa jam dengan hasil RDT malaria positif. 

untuk obat reversal dari golongan bensodiazepin adalah flumazenil, namun efek samping nya lebih besar daripada menunggu efek stesolid itu selesai. 

obat ini juga jarang tersedia di indonesia. 

semoga membantu. terima kasih. 

 

13 April 2022, 16:24
Salam hormat Dok, Terimakasih....🙏🙏🙏
13 April 2022, 20:43
Terimakasih ilmunya dok