Pemberian kontraseptik darurat adakah aturan tertentunya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sebenarnya peresepan kondar itu adakah aturan tertentunya?Krn sy lihat belakangan ini banyak sekali user minta diresepin postinor dan semacamnya. Sy juga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian kontraseptik darurat adakah aturan tertentunya

    21 Oktober 2021, 19:43

    Sebenarnya peresepan kondar itu adakah aturan tertentunya?

    Krn sy lihat belakangan ini banyak sekali user minta diresepin postinor dan semacamnya. Sy juga baru tau td siang diberi tau sejawat kalo pemberian kondar ada undang2nya dan diberikan utk yg sudah jd pasutri sah scr negara. Krn kdg user spt maksa minta kondar pdhl bukan pasutri.

21 Oktober 2021, 20:14
Saya setuju dok, apakah ada regulasi agar tidak disalahgunakan? Karena dalam kesimpulan chatbot sendiri langsung bisa dianjurkan penggunaan dan peresapan online kondar ini, yg seringkali harus diedit dan dihapus sendiri.
25 Oktober 2021, 18:17
Alo Dokter,
ada dok regulasi hukumnya, Kontrasepsi darurat diberikan kepada ibu tidak terlindungi kontrasepsi atau korban perkosaan untuk mencegah kehamilan. kontrasepsi darurat pada ibu yang tidak terlindungi bisa diberikan krn:
a. kondom bocor, lepas atau salah menggunakannya
b. ; diafragma pecah, robek atau diangkat terlalu cepat;
c. kegagalan senggama terputus (misal : ejakulasi di vagina atau pada genitalia externa)
d. salah hitung masa subur;
e  AKDR ekspulsi
f. lupa minum pil KB lebih dari 2 tablet
g. terlambat lebih dari 1 minggu untuk dan suntik KB yang setiap bulan
h. terlambat lebih dari 2 minggu untuk suntik KB yang tiga bulananHanya kendalanya adalah pembuktian ikatan pernikahan apalagi perkosaan sulit ya dok baik di praktek offline apalagi di praktek telemedisin dok. Mungkin yg bisa dilakukan adalah tidak bosan-bosanya melakukan edukasi bahwasanya kontrasepsi darurat adalah obat keras, diberikan atas indikasi khusus dan bukan utk digunakan secara rutin.
25 Oktober 2021, 18:43
Terima kasih banyak dokter.
Saya setuju dok, utk ditelekonsul sulit sekali utk memastikan apakah mmg dalam ikatan pernikahan / perkosaan benar atau tidak.
25 Oktober 2021, 18:41
Referensi: Permenkes No  97 Tahun 2014. Saya coba unggah tapi tidak berhasil dok.