Pemberian asiklovir topikal pada varicella - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Sesuai guideline yang saya baca dari panduan praktis klinis, pengobatan varicella dewasa adalah dengan pemberian asiklovir oral 5 x 800 mg....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian asiklovir topikal pada varicella

    11 November 2019, 21:24

    Alo dokter. Sesuai guideline yang saya baca dari panduan praktis klinis, pengobatan varicella dewasa adalah dengan pemberian asiklovir oral 5 x 800 mg. Namun, selama di lapangan saya sering menemukan dokter yang memberikan terapi asiklovir oral dan juga memberikan terapi asiklovir topikal. Apakah pemberian asiklovir topikal memiliki manfaat yang lebih baik pada perbaikan klinis pasien varicella? Apakah bekas cacar bisa lebih cepat hilang ? Terima kasih sebelumnya.

12 November 2019, 08:53
Alo dokter, 
Sepemahaman saya untuk kondisi yang disebabkan oleh virus varisela zoster penanganan yang efektif memang sesuai guidelines adalah penggunaan asiklovir oral.

Sedangkan penggunaan asiklovir topikal lebih diarahkan bagi infeksi ringan dari HSV dan dinilai tidak efektif bagi infeksi VZV, seperti dapat dibaca pada link berikut.

Mungkin ada TS yang dapat ikut urun pendapat, CMIIW. 
12 November 2019, 09:01

Alo dokter,

Menurut referensi, pemberian Acyclovir topical dapat diberikan pada infeksi HSV (herpes simplex virus) dengan gejala minor, namun tidak untuk infeksi VZV (varicella zoster virus).

Referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK47401/

https://www.alomedika.com/obat/antiinfeksi/antivirus/asiklovir/indikasi-dan-dosis

 

14 November 2019, 04:58
Terima kasih dok informasinya
13 November 2019, 18:16
Baik dokter terima kasih atas informasinya.