Pasca Tindakan LASIK Mata Kapan Pasien Boleh Keluar tanpa Menggunakan Kacamata Pelindung - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya.Pada seorang pasien yang sudah menjalani LASIK setelah 3 minggu apakah sudah bisa untuk keluar rumah tanpa menggunakan kacamata...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasca Tindakan LASIK Mata Kapan Pasien Boleh Keluar tanpa Menggunakan Kacamata Pelindung

    27 November 2020, 15:17

    Alo Dokter, izin bertanya.

    Pada seorang pasien yang sudah menjalani LASIK setelah 3 minggu apakah sudah bisa untuk keluar rumah tanpa menggunakan kacamata pelindung? Saat ini User tidak memiliki keluhan lain pasca operasi.

    Terimakasih.

27 November 2020, 15:40

Selamat siang dr. Nurul Falah, jika merujuk pada sumber yang akan dilampirkan berikut memang tidak dikatakan secara pasti kapan waktu paling aman bagi pasien pascalasik untuk keluar rumah tanpa pelindung. Namun, pada prinsipnya dalam 24-48 jam pascatindakan pasien wajib diperiksa kembali oleh dokter, untuk melihat kondisi pasca operasi, dan dilanjutkan dengan kontrol rutin sampai 6 bulan pascatindakan. 

Pasien wajib menunggu 1-3 hari setelah operasi sebelum akhirnya melakukan aktivitas mandiri. Untuk mencegah infeksi, pasien dianjurkan untuk tidak menggunakan lotion, krim, atau make up di sekitar mata, sampai 2 minggu setelah tindakan dan menunda kegiatan berenang sampai 2 bulan setelah tindakan.

Pada sumber tersebut juga dijelaskan penting untuk menjaga mata agar tidak terkena benda atau bahan asing, sehingga diasarankan untuk menghindari olahraga yang memiliki risiko kontak dengan mata sampai minimal 4 minggu setelah tindakan Dokter.  

Berikut sumber yang mungkin bisa kita baca bersama:

https://www.fda.gov/medical-devices/lasik/what-should-i-expect-during-and-after-surgery

Mungkin ada tambahan dari TS lain. CMIIW