Apakah orgasme pada ibu hamil berisiko? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dok, izin bertanya.Apakah orgasme pada ibu hamil berisiko terjadinya keguguran pada kehamilan awal? Atau hanya terjadi bila ada faktor pemberat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah orgasme pada ibu hamil berisiko?

    04 Desember 2018, 17:56

    Selamat malam dok, izin bertanya.

    Apakah orgasme pada ibu hamil berisiko terjadinya keguguran pada kehamilan awal? Atau hanya terjadi bila ada faktor pemberat saja seperti risiko2 tinggi kehamilan?

    Yang saya pernah baca, stimulasi genital dan puting yang dilakukan saat berhubungan intim dapat mengeluarkan oksitosin, dimana dapat menyebabkan kontraksi pada uterus, sehingga pada ibu hamil setelah orgasme dapat merasakan nyeri walaupun kadarnya mild. Ditambah lagi dg adanya rangsangan akibat sperma yg mengeluarkan prostaglandin.

    BTK dok.

04 Desember 2018, 18:41
aLni
aLni
Dokter Umum

Alo dok,

 

Seks pada kehamilan adalah normal. dan secara umum dianggap aman. Sangat sedikit kontraindikasi dan risiko untuk melakukan hubungan seksual pada kehamilan berisiko rendah.

 

Pada kehamilan dengan penyulit seperti plasenta previa atau risiko persalinan prematur, bukti yang mendukung "abstinence" seksual memang kurang, tetapi jika mengingat konsekuensinya secara teoritis seperti yang dokter disampaikan, ada baiknya tetap diedukasi kemungkinan-kemungkinannya pada pasien sehingga lebih mengerti tanda bahaya dan bisa mengantisipasi bila terjadi risiko.

 

Sumber: Sex in Pregnancy https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3080531/

05 Desember 2018, 07:06
dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Selamat pagi dok. Saya anjurkan bila acc dokter saat pemeriksaan 36 mgg menentukan untuk persalinan apakah bisa normal. Bila acc normal dapat dirangsang dgn berhubungan suami dan istri dgn sperma sebagai induksi persalinan.