Operasi sebagai salah satu opsi pengobatan untuk mikropenis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam, maap, saya izin bertanya, pada pasien dengan kriteria micropenis apakah benar operasi bisa menjadi salah satu penanggulanan selain dari terapi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Operasi sebagai salah satu opsi pengobatan untuk mikropenis

    15 Maret 2021, 19:59
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam, maap, saya izin bertanya, pada pasien dengan kriteria micropenis apakah benar operasi bisa menjadi salah satu penanggulanan selain dari terapi hormon?kalau ada, mohon penjelasannya dan referensinya.

    Untuk pasien yg sudah lewat masa pubertas apakah terapi hormon masih efektif utk mengobati micropenis? Kalau iya, apakah respon terapi akan sama seperti layaknya menterapi hormon pada pasien usia pubertas?

    Mohon bantuan bimbingan dan arahannyaūüôŹ

15 Maret 2021, 21:50
dr.Hani Anindita Hendarto, SpU
dr.Hani Anindita Hendarto, SpU
Dokter Spesialis Urologi
Alo Dok,
Sebelumnya hrs jelas dulu kriteria mikropenis itu apa..saya sering dapat Konsultasi yg menyatakan dirinya mikropenis padahal tidak dan pasien merasa begitu Krn membandingkan dengan kawan atau termakan media terutama medsos dan ujung2nya minta obat kuat atau pembesar penis yang mana tentunya tidak ada.
Perlu diketahui bahwa prinsipnya boleh dibilang hampir tidak ada kasus mikropenis di Indonesia, yg ada umumnya buried penis pada pasien obesitas berat atau web penis.
Bila pun ada mikropenis umumnya adalah akibat kurangnya Hormon dan biasanya terjadi pada kasus2 UDT atau defisiensi hormon di usia balita.
Harus hati2 memberikan terapi testosteron apalagi sering disalahartikan seolah bs mengatasi disfungsi ereksi padahal terapi sulih hormon testosteron hanyalah utk pria lansia yg memang membutuhkan dikarenakan komdisi tubuh akibat defisiensi hormon atau kondisi andropause ( mirip menopause pada wanita )
Pemberian hormon testosteron tanpa indikasi apalgi di usia pubertas dan dewasa muda dapat menyebabkan tulang berhenti tumbuh dan peningkatan kasus keganasan prostat
16 Maret 2021, 08:15

Terimakasih dok, jawabannya sangat lengkap.