Obat yang tepat untuk migraine menstrual - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,Ijin berdiskusi, untuk kasus migraine menstrual paling aman diberikan terapi apa ya? Pada pasien usia remaja saya cemas nanti ketergantungan atau...

Diskusi Dokter

25 Januari 2021, 09:40
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Hudiyati.

Tatalaksana migraine menstrual dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, terapi akut, terapi profilaksis jangka pendek, dan terapi profilaksis jangka panjang.

Pilihan terapi akut pada migraine menstrual serupa dengan terapi aku migraine secara umum. Obat golongan triptan atau obat antiinflamasi nonsteroid cukup efektif dan aman untuk meredakan serangan migrain.

Jika terapi akut dengan kedua jenis obat tersebut tidak efektif, pencegahan jangka pendek (miniprofilaksis) merupakan langkah terapi selanjutnya. Miniprofilaksis dapat diberikan pada wanita dengan siklus menstruasi yang regular. Terapi diberikan sekitar 5–7 hari, dimulai pada 2 hari sebelum perkiraan awal menstruasi hingga masa menstruasi selesai. Pilihan terapi pada miniprofilaksis ini adalah obat golongan triptan. Sebagai alternatif, dapat digunakan pula naproxen, mefenamic acid, dan obat antiinflamasi nonsteroid.

Pada kasus tertentu, dimana serangan sangat hebat dan mengganggu, serta kerap rekuren. dapat dipertimbangkan pula pemberian profilaksis jangka panjang seperti topiramat dan terapi hormonal kombinasi.

Obat-obat tersebut relatif aman dan tidak menyebabkan ketergantungan. Untuk lebih detailnya, sejawat dapat membaca pada referensi artikel berikut ini:

https://www.alomedika.com/pilihan-terapi-pada-migrain-menstrual

Terima kasih.

25 Januari 2021, 09:48

terimakasih dokter.. sangat membantu