Alasan apa yang membuat obat anti psikotik untuk pasien lansia harus dihindari - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok mau tanya kenapa ya pemberian clorpromazine pada orang lanjut usia dengan sindrom psikosis harus dihindari?

Diskusi Dokter

17 Januari 2021, 18:20

Alo dokter, izin ikut berdiskusi yaa Dok, penggunaan chlorpromazine pada pasien lanjut usia memang perlu penyesuaian dosis ya dok, dari sumber yang saya baca, perlu penyesuaian dosis hingga 1/2 atau 1/3 dosis dewasa, dari salah satu hasil penelitian pada kelompok wanita lanjut usia dengan gejala psikosis yang diberikan chlorpromazine, memang dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius, namun ada juga yang menunjukkan perbaikan. Selain itu, penggunaan chlorpormazine pada usia lanjut dengan gejala psikosis juga dapat menimbulkan efek samping dan gejala eksarsebasi akut yang cukup serius, berikut saya lampirkan referensinya. Terima kasih dok. CMIIW.

https://www.alomedika.com/obat/psikofarmaka/antipsikosis/chlorpromazine/kontraindikasi-dan-peringatan https://www.pdr.net/drug-summary/Chlorpromazine-Hydrochloride-Tablets-chlorpromazine-hydrochloride-693#:~:text=Avoid%20use%20of%20chlorpromazine%20in,men%20(decreased%20urinary%20flow%2C%20urinary

https://www.bmj.com/content/1/4918/882

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC181134/

17 Januari 2021, 20:29
Kira kira dr efek ini (nefrotoksik, hepatotoksik, gangguan cerebrovaskular, sedasi, ekstrapiramidal) yg mana paling sering pada orang lanjut usia dengan penggunaan cpz?