Manfaat Terapi Musik dalam Kehamilan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sore docs, hendak menanyakan perihal aplikasi penggunaan musik dalam kehamilan untuk stimulasi otak janin.Terlepas manfaatnya masih banyak perdebatan, apa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Manfaat Terapi Musik dalam Kehamilan

    23 Oktober 2018, 17:14

    Sore docs,

    hendak menanyakan perihal aplikasi penggunaan musik dalam kehamilan untuk stimulasi otak janin.

    Terlepas manfaatnya masih banyak perdebatan, apa ada panduan khusus terkait metode penyampaian musiknya? Apa bs sebatas dengan speaker biasa atau menggunakan headphone yg bs ditempel ke perut ibu spt banyak dijual belakangan?

    Dan apakah benar yg dianggap bermanfaat hanya musik klasik dr Mozart yg bernada mayor ya? Sementara yg bernada minor dan yg dr komposer atau musik lain dinilai tdk terlalu berdampak?

    Soalnya bbrp waktu ini banyak mendapat pertanyaan seputar ini.

    Thanks docs!

23 Oktober 2018, 20:39
dr. Alni
dr. Alni
Dokter Umum

hai dok, 

memang masih banyak perdebatan ya, namun di penelitian ini https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3299264/

paparan musik selama masa kehamilan secara signifikan memengaruhi perilaku bayi yang dinilai dengan  Brazelton Neonatal Behavioral Assessment Scale (BNBAS)

Untuk tekniknya, kalau saya pribadi lebih setuju yang dengan speaker biasa ya dok, agar ibunya juga lebih rilek, pada penelitian ini https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5423008/ mendengarkan musik selama kehamilan bisa membantu mengurangi ansietas pada ibu hamil dan mengurangi kadar kortisol. sehingga ibu lebih rileks dan happy yang tentu bermanfaat juga untuk perkembangan janin.

Untuk jenis musik, juga banyak perdebatan, namun yang Mozart sudah banyak yang membantah dok, kalau menelusur ke poin 2, justru musik yang memang ibu senang lebih bermanfaat. kalau dari awal ibunya ndak suka musik klasik mungkin ga terlalu signifikan juga ya dok hasilnya (tapi saya lupa in bacanya di mana)

semoga membantu