Penanganan yang tepat untuk pasien dengan keluhan munculnya serpihan tulang dari bawah kulit di area paha - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin sharing kasus yg saya temukan saat jaga. Pasien laki2 usia 32 tahun, bekerja sbg petugas kebun sawit, dtg dgn keluhan muncul luka pada paha...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat untuk pasien dengan keluhan munculnya serpihan tulang dari bawah kulit di area paha

    17 November 2019, 18:22

    Alo dok, izin sharing kasus yg saya temukan saat jaga. Pasien laki2 usia 32 tahun, bekerja sbg petugas kebun sawit, dtg dgn keluhan muncul luka pada paha belakang kiri yang terdapat sesuatu mirip serpihan tulang yang menonjol. 1 mingu yang lalu hanya muncul benjolan spt bisul lalu pecah dan meninggalkan luka yang mengeluarkan benda spt tulang yang menonjol. Pasien sebelumnya pernah mengeluhkan hal yg sama sebanyak 6 kali di kaki yang sama namun pada spot yang berbeda (di betis atas, paha belakang, bawah lutut, tampak pada bekas2 luka nya). Keluhan pertama kali muncul saat pasien SMP hingga sekarang, dan pada keluhan sebelumnya pasien hanya berobat ke mantri dan hanya dilakukan pengeluaran serpihan tulang.


    Riwayat jatuh -, riwayat patah tulang -, keluhan lain -, pasien hana mengeluhkan sering pegal pada kaki kiri jika pasien bekerja berat. TTV pasien dalam batas normal, pemfis dalam batas normal.


    Mohon diskusi nya dokter ttg kasus ini, berikut saya lampirkan foto luka sebelum tulang di keluarkan, dan foto serpihan tulang yang telah di keluarkan.

17 November 2019, 18:27

Alo Dok,

Maksudnya seperti serpihan tulang itu apakah kalau diraba isi dari benjolan tersebut terasa keras? Apakah yang sesuatu yang keluar tersebut berbau? Ada nanah yang keluar bersama dengan serpihan tersebut?

17 November 2019, 18:47
Iya dok, pasien mengatakan saat mandi sabut yang digunakan untuk mandi tersangkut di luka tsb, dan jika di raba teraba keras dan tajam.
17 November 2019, 19:04
Tidak ada keluar nanah, maupun bau juga dok.
17 November 2019, 19:24
17 November 2019, 19:04
Tidak ada keluar nanah, maupun bau juga dok.

Benjolan di kulit sebenarnya memang bisa berulang, kalau tidak ada limitasi gerakan, tidak ada riwayat trauma/patah tulang, kemungkinan bisa macam-macam ya Dok, dari kista dermoid, kista ateroma/sebaseous cyst itu masih bisa (sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK499974/ dan https://www.alodokter.com/kista-dermoid ). 

Langkah pertama dalam kasus tumbuhnya benjolan yang kemudian mengeluarkan isi seperti serpihan tulang ini adalah dengan melakukan pemeriksaan PA untuk isi benjolan tersebut. Jadi sebaiknya isi dari luka/benjolan itu di PA dulu saja Dok, jadi bisa tahu sebenarnya isi dari benjolan itu apa (apa benar isinya itu serpihan tulang atau tidak jadi bisa dicocokan dengan riwayat trauma/patah tulang yang tidak ada pada pasien) dan bisa dilakukan penanganan yang tepat.

17 November 2019, 23:17
Terima kasih diskusi nya dokter. Saat ini pasiem saya rujuk ke dr orthopedi karena keterbatasan untuk di lakukan rontgen maupun pemeriksaan PA di tempat saya bekerja. Namun saat luka di buka tidak dijumpai seperti dinding kista nya dok, kesan nya serpihan tulang tersebut bebas di bawah permukaan kulit, karena saat penarikan tergolong mudah tidak terasa seperti ada tahanan.
18 November 2019, 10:39
Alo dok, mungkin bisa dipikirkan osteomyelitis kronis kl dilihat dr gejala yg berulang dgn keluhan awal seperti bisul kemudian pecah dan keluar serpihan tulang yg kemungkinan itu sequester.
Bisa dilakukan xray pada extremitas yg terkena dan dilakukan pemeriksaan lab lengkap, penanda infeksi (LED & CRP).
Kemudian bisa dikonsultasikan ke spesialis ortopedi.

18 November 2019, 19:06
Terima kasih disukisnya dokter🙏  pasien langsung saya rujuk ke sp.OT di RS kabupaten, untuk x ray tidak dilakukan karena keterbatasan fasilitas. Namun pasien mengatakan tidak pernah mengalami trauma pada kaki tsb, dan dari klinis juga tidak ada tanda2 infeksi dokter.
18 November 2019, 19:10
18 November 2019, 19:06
Terima kasih disukisnya dokter🙏  pasien langsung saya rujuk ke sp.OT di RS kabupaten, untuk x ray tidak dilakukan karena keterbatasan fasilitas. Namun pasien mengatakan tidak pernah mengalami trauma pada kaki tsb, dan dari klinis juga tidak ada tanda2 infeksi dokter.
Iya dok, osteomyelitis kronis memang tidak selalu ada trauma terlebih dahulu. Biasanya melalui acute hematogenous osteomyelitis waktu kecil, kemudian tidak tertangani dgn baik yg berikutnya bs menjadi osteomyelitis kronis.
18 November 2019, 19:23
Oh, iya ya dokter.. Terima kasih ilmu nya dokter, sangat bermanfaat 🙏