Pasien wanita usia 40 tahun merasa keluhan mualnya membaik dengan isosorbide dinitrat - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pasien wanita 40 tahun, mengeluh dada terasa berat hilang timbul sejak kurang lebih 2 tahun. Hampir setiap kali menstruasi, mengalami badan lemas dan mual...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 40 tahun merasa keluhan mualnya membaik dengan isosorbide dinitrat

    22 Juli 2021, 18:26

    Pasien wanita 40 tahun, mengeluh dada terasa berat hilang timbul sejak kurang lebih 2 tahun. Hampir setiap kali menstruasi, mengalami badan lemas dan mual tanpa keluhan dada sesak/ terasa berat. Keluhan tersebut (mual dan badan lemas) membaik jika diberikan isosorbide dinitrat. Apakah ini bisa dikatakan kasus Angina? dan bagaimana tatalaksana selanjutnya? terima kasih.

22 Juli 2021, 18:59

Selamat malam Dokter, sebelumnya apakah memang ada nyeri dada yang khas, sehingga diberikan obat golongan nitrat. Jika memang gejalanya hanya muncul saat akan menstruasi, apakah tidak memungkinkan ke arah premenstrual syndrome?.  Bagaimana dengan pemberian obat lambung apakah pernah dicoba Dok, mengingat keluhannya hanya mual dan dada beratnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. 

Pertimbangan pemberian obat golongan nitrat ini seperti apa ya Dok? karena seperti kita ketahui nitrat adalah obat vasodilator, bisa ditujukan untuk angina. Jika untuk dada terasa berat yang hilang timbul (sudah dua tahun), apakah tidak pernah dianjurkan untuk EKG, atau Rontgen? Tata laksananya mungkin akan mengikuti penyebab pastinya Dokter. 

Berikut yang mungkin bisa menjadi bahan bacaan kita bersama.

https://www.ahajournals.org/doi/epub/10.1161/CIRCULATIONAHA.107.753814

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK545149/

https://www.nhs.uk/conditions/pre-menstrual-syndrome/

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW.