Keamanan penggunaan minyak tawon pada ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, saya ingin menanyakan pertanyaan dari user tentang boleh tidaknya pengaplikasian minyak tawon di kulit ibu hamil. Terima kasih docs.

Diskusi Dokter

01 Februari 2019, 12:58

selamat siang Dokter, kebetulan saya tidak menemukan minyak tawon ini pada daftar BPOM Dok, namun setahu saya ya Dok, penggunaannya minyak ini dapat memberikan rasa hangat jika dioles ke bagian tubuh, nah jika pada Ibu hamil kembali lagi Dokter tujuan penggunaannya apa? pengaplikasiannya seperti apa apakah dioles, dihirup seperti aromaterapi atau seperti apa? tentunya bahan herbal penggunaanya belum dapat dipastikan ya Dokter, sebaiknya jika mau lebih aman gunakan bahan yang memang sudah terdaftar di BPOM atau sudah dapat dipastikan keamanannya ya Dokter dan kembali lagi ke keluhan pasiennya Dokter.

mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan CMIIW

01 Februari 2019, 13:04
User menanyakan tujuannya adalah untuk meringankan gejala pegal pegal dan nyeri diperut atau pinggang. Sehingga user biasa mengoleskannya di area permukaan kulit yang mengalami pegal atau nyeri docs. Terima kasih atas sarannya.
04 Februari 2019, 10:41
Terimakasih Dok Merry.
01 Februari 2019, 14:10

Alodokter! 

Menambahkan sedikit, Dok... minyak gosok cap tawon teregistrasi dalam BPOM sebagai suplemen kesehatan/obat tradisional dengan bentuk sediaan berupa cairan obat luar.  Setuju dengan dr Merry, tentu apabila pasien ingin menggunakan, selama peruntukannya hanya sebagai cairan obat luar, tidak dijadikan obat yang dihirup atau diminum, dan dengan catatan selama Pasien tidak memiliki alergi terutama alergi kulit terhadap produk ini, maka dalam penggunaan yang wajar dan tidak berlebihan, masih diperbolehkan. Mengenai efek dari Minyak tawon sendiri selama penggunaan kehamilan, karena merupakan suplemen dan bukan sebagai obat, sampai saat ini belum ada cukup bukti dari penelitian medis yang menyatakan apakah memang ada efek yang berbahaya atau tidak untuk janin yang dikandungnya. CMIIW

01 Februari 2019, 18:22
Terima kasih banyak atas tambahan informasinya dr Ranti. 🙏
01 Februari 2019, 16:39
dr. Dian Pertiwi Habibie, SpKK
dr. Dian Pertiwi Habibie, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Alo, dokter..
setuju dengan dr Ranti, sebaiknya ditanyakan riwayat alergi/atopik pada pasien, karena kulit pasien atopik umumnya rentan/sensitif terhadap bahan tertentu.. atau bila belum ada riwayat maka dipantau apakah dgn penggunaan obat gosok tsb menimbulkan keluhan pada kulit.
saya belum pernah membaca evidence based mengenai penggunaan topikal obat gosok cap tawon pada ibu hamil terhadap janin.
namun dari beberapa artikel menunjukkan kandungan minyak gosok cap tawon yaitu:
-oleum coccos
-oleum cajuputih
-oleum citronellae
-oleum terebinthinae
-piperis follium
-zingiberis rhizoma
-curcumae rhizoma
-allium sativum
dari sekian banyak kandungan tsb, yg saya temukan pada jurnal hanya coconut oil (ol.coccos) dan disebutkan penggunaannya tidak ada efek samping berbahaya selama kehamilan.
berikut saya sertakan jurnal tentang penggunaan herbal pada kehamilan.
cmiiw, terima kasih. :)
01 Februari 2019, 18:33
Mohon maaf docs, jadi sebaiknya diperbolehkan untuk dipakai dulu sambil mewaspadai efek olesan minyak tawon, atau menganjurkan untuk sebaiknya tidak digunakan dan memilih bahan yg lebih aman seperti ginger, coconut oil dan bahan aman lain seperti tercantum di jurnal docs?
04 Februari 2019, 10:41
Terimakasih atas infonya Dok. 
01 Februari 2019, 18:50
dr. Fatnan Setyo Hariwibowo, Sp.PD
dr. Fatnan Setyo Hariwibowo, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
01 Februari 2019, 12:44

Alodokter, saya ingin menanyakan pertanyaan dari user tentang boleh tidaknya pengaplikasian minyak tawon di kulit ibu hamil. Terima kasih docs.

Boleh dipakai, jika tidak hipersensitif.
Seperti minyak kayu putih juga.
Topikal yang tidak boleh dipakai yang mengandung merkuri, hidroquinone, hidrocortisone berlebih/ tanpa indikasi.
Untuk referensi tentang minyak tawon saya belum menemukan, hanya tentang salah satu kandungannya saja.
Sehingga belum ada alasan untuk melarang penggunaannya pada ibu hamil.
Silakan rekan Ts Obsgyn dan DV jika ingin menambahkan.
01 Februari 2019, 19:50
Siap dokter Fatnan, terima kasih atas sarannya 🙏