Penanganan yang tepat untuk kondisi bengkak payudara (engogerment) pada wanita abortus insipiens - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien umur 30 th g1p1Ao dengan kehamilan 9 minggu. Saat ini pasien di diagnosis dng abortus insipiens namun punya anak yg sedang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat untuk kondisi bengkak payudara (engogerment) pada wanita abortus insipiens

    25 Februari 2021, 21:08
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya memiliki pasien umur 30 th g1p1Ao dengan kehamilan 9 minggu. Saat ini pasien di diagnosis dng abortus insipiens namun punya anak yg sedang disusui ( umur 1 tahun). Pasien takut menyusui karena takut kontraksi sehingga saat ini mammae tampak bengkak, tegang, nyeri tekan(+) hiperemis(-)

    R/ pengobatan : microgest 200mg 2x1. As tranexamat 3 x1. Vitamam 1 x1

    Bagaimanakah tatalaksana untuk engogerment nya?apakah menyusui/ pompa payudara dpat dilakukan?

25 Februari 2021, 21:39
Alo Dokter,
Izin ikut berdiskusi ya dok. Untuk pembengkakan payudara akibat penumpukan ASI sebaiknya tetap diedukasi untuk dikeluarkan ya dok, bisa dengan direct breastfeeding atau bila khawatir bisa dengan pompa ASI secara rutin. Selain itu untuk mengurangi nyerinya bisa diberikan kompres pada payudara yg nyeri.Mungkin ada pendapat dari TS sejawat lain terkait hal ini?
25 Februari 2021, 21:41
dr.Rahayuning indit Pramesti
dr.Rahayuning indit Pramesti
Dokter Spesialis Kandungan
Alo dokter, untuk pasien hamil 9 minggu  dengan breast engorgement, lakukan langkah berikut:
1. berikan edukasi ke pasien bahwa penyebab abortus imminent adalah kurangnya kadar progesteron saat trimester 1, anemia, kurangnya asam folat. Bisa di pastikan dengan pengecekan darah  kadar progesteron dan Hb, HT, L, trombosit.
2. Menyusui dan atau memompa payudara untuk mengeluarkan ASI tidak berpengaruh terhadap terjadi nya abortus insipien dan sudah terbukti sesuai jurnal  evidence  base medicine.
3. Breast engorgment harus segera di atasi dengan cara kompres air dingin dan hangat bergantian, lakukan gerakan breast care, tetap menyusui, secara traditional dikompres dgn kembang kol, dan bisa konsumsi parasetamol 3 x 500 mg.  Kenapa harus segera di atasi breast engorgement nya, karena dapat menimbulkan inflamasi yg dapat memperburuk kondisi abortus imminent.
Demikian semoga membantu.