Mencegah komplikasi kehamilan saat hamil di usia tua - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Saya ingin bertanya, apakah ada kiat-kiat khusus yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan pada ibu dan bayi jika ibu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mencegah komplikasi kehamilan saat hamil di usia tua

    23 Maret 2019, 17:02

    Alodokter! 

    Saya ingin bertanya, apakah ada kiat-kiat khusus yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan pada ibu dan bayi jika ibu hamil dalam usia yang relatif tua, yaitu di atas 45 tahun? Salah satunya mencegah kelainan kromosom seperti down syndrome, apakah cukup dengan rutin kontrol dan konsumsi asam folat dan zat besi dari dokter kandungan, atau ada terapi lain dokter? 

    Mohon sharingnya dok, trimakasih 🙏

23 Maret 2019, 17:30
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo TS, 

Usia maternal lanjut, biasanya kita ambil patokannya di atas usia 35 tahun ya. Ada sejumlah risiko baik untuk ibu dan janin terhadap risiko kehamilan di usia ini ya. Berikut ada literatur, terkait advanced maternal age yg bisa dibaca lebih lanjut.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29040334

Sementara itu, apakah betul bahwa folat bisa mencegah sindrom Down, sebenarnya masih perlu studi yg lebih luas. Yang jelas, memang folat dapt menurunkan risiko NTD. Berikut adalah literatur yang bisa dibaca lebih lanjut.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16007260

Selain sindrom Down, sebenarnya, ada masalah great obstetric syndrome yang lebih banyak dan lebih besar dampaknya yaitu preeklampsia pada usia maternal lanjut. Dan ini ada link terkait untuk prediksi preeklampsia dari trimester pertama.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4127237/

Semoga TS lain bisa menambahkan diskusi terkait hal ini.

Terima kasih.
23 Maret 2019, 20:40
Baik dokter, terimakasih sharingnya yang sangt bermanfaat ya dok 🙏
23 Maret 2019, 17:36
dr. Darrell Fernando, SpOG
dr. Darrell Fernando, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodoc!

Risiko kehamilannya sendiri berdampak pada ibu dan janin

1. Janin: lebih tinggi risiko kelainan kongenital dan Down Syndrome --> tidak dapat dicegah sekedar dgn folat saja karena folat bertujuan mencegah neural tube defect

2. Ibu: preeklamsia, diabetes gestational, hingga komplikasi persalinan seperti distosia dan HPP. ada beberapa evidence yg menyatakan pemberian aspirin 1x80 mg PO bisa mencegah preeklamsia pada kelompok risiko tinggi.

Akan tetapi perlu dilihat case by case dan tdk bisa disamakan utk semua pasien ya doc.
23 Maret 2019, 20:41
Ternyata tidak bisa digeneralisasi ya dok, baiklah dokter, terimakasih sharingnya dok 🙏
23 Maret 2019, 17:36

AloDokter Wulan.

Kita sudah sepakat bahwa Down Syndrome sulit dicegah jika faktor risiko genetik termasuk faktor ibu yang berumur di atas 40-45 thn dan riwayat kontrol ANC dgn dokter atau bidan setempat yang kurang diperhatikan sang Ibu. Jika sudah dijelaskan biasanya ibu lebih bisa menerima apapun kondisi anak meski belum tentu lahir dengan kelainan kromosom.

Pengalaman sy, menemui ibu yang dibilang berumur tua untuk meminta promil.. saya edukasi tentang resiko-resiko komplikasi yang terjadi.. 2 pasien sy terakhir dari rujukan balik malah kena diagnosis PID dan kelainan ovarium bahkan cenderung malignansi yang sebenarnya patut kita waspadai jika telat untuk pemeriksaan lanjutan.

Cmiiw dok

terimakasih banyak

23 Maret 2019, 20:41
Baik dokter, trimakasih sharingnya dok 🙏