Mata lelah atau minus yang bertambah - Mata Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Utami Noor Syabaniya, Sp. M, izin bertanya.Untuk kedutan sisi kiri mata yang berlangsung selama lebih dari 3 hari, terus menerus, tetapi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mata lelah atau minus yang bertambah - Mata Ask the Expert

    04 November 2022, 11:41

    Selamat siang dr. Utami Noor Syabaniya, Sp. M, izin bertanya.

    Untuk kedutan sisi kiri mata yang berlangsung selama lebih dari 3 hari, terus menerus, tetapi akan berhenti di malam hari saat akan beristirahat, umumnya disebabkan oleh apa? 

    Penderita tidak mengalami penurunan tajam penglihatan, namun penderita memang penderita miopia yang terakhir koreksi kaca mata 1 tahun yang lalu dan kesehariannya memang full melihat laptop . Apakah kedua kondisi pada mata ini berhubungan dengan mata kedutan yang dialami dan apakah perlu dilakukan rujukan ke dokter spesialis mata atau justru ke dokter spesialis mata untuk keluhan yang dialami? Terima kasih

04 November 2022, 12:23

Alo dr. Merry,

Kedutan mata pada pasien dapat disebabkan karena stress, kurang tidur, kelelahan (bisa karena eye strain, tll lama depan laptop), terlalu banyak konsumsi kafein, mata kering atau iritasi.

Hal ini biasanya sementara. Namun bila berlangsung lebih dari satu bulan dan penyebab diatas sudah disingkirkan dapat dirujuk ke dokter mata. Terlebih bila disertai dengan kedutan hanya satu sisi disertai dengan kedutan pipi dan mulut disisi yang sama, sebaiknya rujuk ke dokter mata.

Anjuran pada pasien:

istirahat, tidur yang cukup

batasi kafein intake

olahraga yoga atau meditasi

berikan tetes mata artificial tears

04 November 2022, 18:48

Baik dokter, terima kasih.