konsul pasien dengan massa hepar - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dokter ijin bertanya, Pasien dengan keluhan mual, perut kembung sejak 1 minggu dan perut makin membesar, disertai adanya ascites, kemudian...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul pasien dengan massa hepar

    16 Desember 2018, 19:20

    Selamat malam dokter ijin bertanya, Pasien dengan keluhan mual, perut kembung sejak 1 minggu dan perut makin membesar, disertai adanya ascites, kemudian hasil ct scan tampak massa di lobus hepar sinistra, lab darah HbsAg ( ), SGOT: 150, SGPT: 90, lalu penanganan untuk hal ini bagaimana ya dok?

16 Desember 2018, 19:47
Selamat malam.
saran utk MSCT abdomen dgn kontras utk mencari apakah memang primer nya di hepar, atau di tempat lain (metastasis ke hepar).
terima ksh
16 Desember 2018, 20:44
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alodoc!
Sebelumnya memang akan lebih baik bila ditampilkan hasil ct scan nya dsini ya supaya bisa dinilai lgsg lokasi, ukuran, batas dan jumlah lesinya.
Pemeriksaan yg paling tepat utk kecurigaan tumor di liver yaitu MSCT Abdomen kontras 3 fase, yaitu utk menilai fase arterial, vena, dan delayed. Sehingga nanti akan memberikan hasil yg cukup jelas utk menentukan tindakan selanjutnya. Atau bila terdapat kontraindikasi, bisa digantikan dengan pemeriksaan MRI abdomen. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan biopsi liver utk menilai jenisnya, apakah merupakan tumor jinak, tumor ganas primer atau metastasis. Dari hasil ini yg nanti akan ditentukan tatalaksananya, apakah operable atau non operable. Bila msh operable, maka tindakan yg dpt dikerjakan berupa drainase (bila suatu abses liver), segmentektomy, liversectionectomy, lobectomy, atau bahkan liver transplant. Dan bila non operable, maka penanganan selanjutnya adalah paliative care, kemoterapi. 
Utk asitesnya sendiri, bila sudah mengakibatkan tekanan intraabdomen yg tinggi (abdominal compartment syndrome) maka dilakukan drainase asites.
Semoga bermanfaat! 
16 Desember 2018, 20:57
Terima kasih dokter atas jawaban nya ūüôŹ
17 Desember 2018, 09:05