Masalah dalam Pemberian Vaksin Rabies - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter!Selamat malam dok, ijin bertanya tentang vaksin Rabies, 1. Dalam hal keterlambatan pemberian vaksin Rabies awalan, berapa lama hari yang masih...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Masalah dalam Pemberian Vaksin Rabies

    17 Februari 2020, 22:19

    Alodokter!

    Selamat malam dok, ijin bertanya tentang vaksin Rabies, 

    1. Dalam hal keterlambatan pemberian vaksin Rabies awalan, berapa lama hari yang masih dapat ditolerir? Apakah tetap boleh diberikan walaupun sudah lewat beberapa pasca paparan? 

    2. Bila awalny pasien mengikuti guideline dari WHO yang pemberiannya sebanyak 6x, apakah boleh ditengah2 berganti menjadi guideline Indonesia, yang hanya 4x pemberian? Lalu dari WHO dan Indonesia apakah terdapat perbedaan waktu signifikan dalam waktu proteksinya? Misalnya WHO 15 tahun atau lebih, sedangkan kita 10 tahun? 

    3. Bila pasien tidak dapat hadir pada tanggal seharusnya diinjeksi vaksin, lebih baik jadwal vaksin apakah dimajukan atau dimundurkan dok? Lalu vaksin selanjutnya apakah dihitung dari jadwal terakhir atau lanjutkan seperti semula? 


    Mohon maaf agak panjang pertanyaannya dok, karena sampai saat ini saya belum mendapatkan jawaban yang pasti tentang ini, 

    Mohon ilmunya dokter, terimakasih 🙏

18 Februari 2020, 02:26
Alodokter!
Selamat malam dok, izin menjawab

1. Dalam hal keterlambatan pemberian vaksin Rabies awalan, vaksin rabies masih efektif diberikan selama belum muncul gejala rabies.
 
2. Minimal pasien mendapat 4x bila belum pernah mendapat vaksin sebelumnya, dan 2x untuk yang sebelumnya pernah menerima vaksin, dimana pemberiannya dalam 1 bulan.

3. Bisa disesuaikan dok, yang terpenting pemberian tuntas dalam 1 bulan (28 Hari)

CMIIW

Salam
18 Februari 2020, 08:43
Baik dokter, terimakasih jawabannya, andaikan pasien memilih maju 1-2 hari sblm jadwal seharusnya, apakah masih boleh dokter? Karena saya dapat info kalau maju tidak boleh sama sekali, terimakasih dok🙏
18 Februari 2020, 11:11

terima kasih dok, sangat bermanfaat ilmunya

18 Februari 2020, 08:08
dr.Willi Satriya
dr.Willi Satriya
Dokter Spesialis Bedah
Masa inkubasi virus 20-60 hari secara umumnya. Selagi blm muncul gejala klinis rabies, berikan saja vaksinnya dok. Intinya blm terlambat diberikan selagi blm muncul gejala klinisnya.. 
18 Februari 2020, 08:10
dr.Willi Satriya
dr.Willi Satriya
Dokter Spesialis Bedah
2. Kalo sy menggunakan guidelines Indonesia yg hanya memberikan 4x saja.
3. Keterlambatan bisa disesuaikan dan harusnya tidak menjadi masalah bila hanya terlambat beberapa hari saja
18 Februari 2020, 08:43
Terimakasih jawabannya dok, sangat bermanfaat 🙏