Lesi kulit anak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokterIzin konsul pasien anak laki-laki usia 1 tahun 5 bulan datang dengan keluhan muncul bercak kekuningan di kulit kepala dan tidak terasa gatal yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Lesi kulit anak

    08 Februari 2019, 09:56

    Alo dokter

    Izin konsul pasien anak laki-laki usia 1 tahun 5 bulan datang dengan keluhan muncul bercak kekuningan di kulit kepala dan tidak terasa gatal yang sudah muncul sejak usia 3 bulan.

    Pada saat pemeriksaan, anak tampak aktif dan tidak ada keluhan lainnya. Tampak pada area kulit kepala, makula (sedikit kekuningan) numular, berbatas tegas dan terlihat sedikit kering tapi tidak ada kulit yang mengelupas. Pada lesi tidak ditumbuhi rambut tidak seperti kulit di sekitarnya (terlihat pitak).

    Sudah pernah diobati dengan salep steroid oleh dokter sebelumnya tapi belum ada perbaikan sama sekali. Kira kira ini apa ya dok?

08 Februari 2019, 10:00
dr. Alamanda Murasmita SpKK
dr. Alamanda Murasmita SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Selamat pagi dok. Dari foto Dan anmnesis tampaknya bisa mengarah dermatitis seboroik dok. Di dd dengan tinea capitis. 
08 Februari 2019, 14:53
Baik terima kasih dok.
08 Februari 2019, 12:35

Alo dr. Radian.

Setuju dengan dr. Alamanda, Sp.KK. Berdasarkan keluhan pasien, bercak kekuningan yang sudah menahun, tidak gatal, kemungkinan suatu Dermatitis seboroik. Diagnosis banding bisa Tinea kapitis atau Lichen planopilaris.

Mungkin baiknya ibu pasien di edukasi bahwa penyakit tersebut adalah penyakit kronis yang dapat berulang jika ada pencetusnya. Sehingga, ibu sebaiknya menghindari hal-hal yang menjadi pencetusnya serta menjaga kebersihan tubuh anak.

Semoga membantu dok, terima kasih.

CMIIW

08 Februari 2019, 14:54
Terima kasih dr. Febe 
08 Februari 2019, 20:11
dr. Dinar Witasari, SpKK
dr. Dinar Witasari, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Alodokter!



Karena lesi pada foto kurang begitu jelas, kemungkinan diagnosa bisa beberapa penyakit berikut.

Setuju dengan jawaban dr. Alamanda spKK dan dr. Frisca sebelumnya



Bercak kekuningan di kepala bisa berupa dermatitis seboroik. Suatu keradangan kulit pada area seboroik, salah satunya pada scalp. Biasanya pada bayi/anak ditandai dengan krusta tebal kekuningan yang tidak gatal. Biasanya cukup diterapi dengan memberikan minyak zaitun atau minyak kelapa pada krusta yang tebal, lalu krusta bisa diangkat menggunakan sisir halus. Untuk bercak merah dibawah krusta bisa digunakan salep steroid.



Tinea capitis juga bisa dipikirkan mengingat penyakit ini juga sering terjadi pada anak-anak. Biasanya juga diikuti dengan keluhan pitak/botak di area kepala yang terkena. Apabila memungkinkan bisa dilakukan pemeriksaan KOH untuk menegakkan diagnosa ini.



Diagnosa lain bisa berupa nevus sebaceous jadassohn. Semacam tanda lahir yang bisa muncul di wajah, leher, atau scalp. Pada bayi/anak (early stage) biasanya hanya berupa plaq kekuningan tidak gatal, tidak berambut dan tidak bersisik. Lesi bisa membesar seiring pertumbuhan. Dan setelah pubertas, plaq akan semakin berdungkul dan bersisik karena pengaruh hormonal.



Semoga membantu 🙏
08 Februari 2019, 20:14
Terima kasih banyak dokter 🙏