Lasik VS Orthokeratology - Mata Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr. M. Sidik, Sp.M(K), izin bertanya dok, Untuk terapi mata minus pada pasien yang merasa tidak nyaman dengan penggunaan kacamata atau lensa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Lasik VS Orthokeratology - Mata Ask the Expert

    20 Desember 2021, 10:30

    Selamat pagi dr. M. Sidik, Sp.M(K), izin bertanya dok, 

    Untuk terapi mata minus pada pasien yang merasa tidak nyaman dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak banyaknya disarankan saat ini melakukan Lasik. Saya termasuk baru mendengar bahkan belum pernah melihat atau mendengarkan dokter mata menyarankan untuk terapi Orthokeratology.

    Apakah ada indikasi yang berbeda antara lasik dengan orthokeratology ini dokter? Dan apa keuntungan dan kerugian jika dibandingkan antara kedua ini? karena tentunya mungkin pasien yang takut akan kata operasi bisa disarankan sepertinya melakukan terapi Orthokeratology.

    Terima kasih dokter sebelumnya 

20 Desember 2021, 10:41
dr. Muhammad Sidik
dr. Muhammad Sidik
Dokter Spesialis Mata

Terima kasih Dr Retma atas pertanyaannya.  

Antara Lasik dan OrthoK ada hal yang berbeda secara prinsil. Pada Lasik, ketebalan kornea dikurangi agar daya biasnya berkurang. Pada operasi lasik, pengurangan ketebalan kornea dihitung secara computerized sesuai dengan pengurangan minus yang diinginkan. Pada OrthoK, yang dilakukan adalan adalah upaya mengubah bentuk bentuk kontur kornea agar lebih landai sehingga minus dapat dikurangi.

Tentu saja kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing.

Pada Lasik, pengurangan minus dapat terjadi segera setelah operasi dikerjakan dan pengurangan nilai minus dapat persis sesuai dengan yg diinginkan, tentunya bila operasi berjalan baik. Pada dasarnya setiap tindakan operasi memiliki risiko, seperti infeksi dll., meskipun risiko ini dapat diminimalisir dengan persiapan operasi yang baik. terutama saat ini teknologi Lasik sudah sangat maju.

OrthoK memiliki risiko yang lebih rendah karena bukan tidakan operasi, hanya membutuhkan kesabaran dan kepatuhan pasien dalam menjalaninya serta hasil yang yang diharapkan tidak se-presisi tindakan Lasik.

Terima kasih