Lansia dengan hiperglikemia - Penyakit Dalam Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Dyah SpPD-KEMD, pasien laki-laki usia 78 tahun. Keluhan sulit makan sudah lama (>1 tahun), badan menjadi sangat kurus. Riwayat penyakit lama stroke...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Lansia dengan hiperglikemia - Penyakit Dalam Ask The Expert

    16 Februari 2022, 15:07

    ALO dr. Dyah SpPD-KEMD, pasien laki-laki usia 78 tahun. Keluhan sulit makan sudah lama (>1 tahun), badan menjadi sangat kurus. Riwayat penyakit lama stroke ringan dan polisitemia (+5 tahun lalu). Terakhir pemeriksaan lab menunjukkan hiperglikemia (gula puasa>160), HbA1c tidak diperiksa.

    Apakah perlu terapi oral antidiabetes? Hiperglikemianya dari mana ya dok? Terimakasih

16 Februari 2022, 15:16
dr. Dyah P SpPD KEMD
dr. Dyah P SpPD KEMD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

terima kasih sharing kasusnya dok. pertimbangan pemberian OAD adalah untuk mencapai kendali glikemik optimal. parameter kendali glikemik jangka panjang bisa dengan HbA1c, kalo jangka pendek bisa dengan gula puasa, pasca makan dan sewaktu. Populasi usia > 60 tahun masuk grup usia lanjut dan menurut ADA populasi ini memiliki target HbA1c (dan gula darah) yang lebih longgar. GDn puasa 160 masuk hiperglikemia, bila ditambah satulagi pemerikaan gula abnormal maka bisa masuk kriteria diabetes, atau paling tidak preDM. asal hiperglikemia bisa bbrp, dari usia tua, riwayat keluarga, obat2an, dan gaya hidup. tatalaksana mulai edukasi, pengaturan nutrisi medik (memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yg sesuai), aktifitas fisik (disesuaikan kondisi pasien) dan obat2an. Pertama, kita pantau dulu bbrp marker kendali glikemik, bila diluar target, ada baiknya kita tatalaksana. obat yg diberikan disesuaikan dengan asupan makan dan hasil evaluasi menyeluruh mengenai fungsi organ lainnya (u melihat ada tidak kontraindikasi obat). 

16 Februari 2022, 15:18

wah lengkap dok, terimakasih penjelasannya.