Kuku retak dan kehitaman pada anak usia 5 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin konsultasi dokter, pasien An. A usia 5 tahun, sejak bbrp hari/minggu yll (orang tua lupa persisnya) di beberapa kuku kaki dan tangan muncul kehitaman dn...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kuku retak dan kehitaman pada anak usia 5 tahun

    Dibalas 04 Juli 2024, 13:43

    Izin konsultasi dokter, pasien An. A usia 5 tahun, sejak bbrp hari/minggu yll (orang tua lupa persisnya) di beberapa kuku kaki dan tangan muncul kehitaman dn kemudian mengelupas dn ada yg retak. Tdk ada riwayat demam atau keluhan lain.

    Izin menanyakan utk diagnosis dan tata laksana. Apakah ini termasuk onikomikosis? Apakah onikomikosis berhubungan/sering didahului dg paronikia?

    Jika benar arahnya ke infeksi jamur, apakah bisa dengan salep topikal saja? Atau apakah memerlukan anti fungal oral? Dan apa saja faktor resiko bisa terkena penyakit ini? Apakah semata personal hygiene? Terima kasih banyak dokter untuk waktu dan partisipasinya. Salam sehat dn sukses selalu.

03 Juli 2024, 16:34

ALO dr. Widya, apakah mungkin karena trauma kronis, misalnya menggunakan sepatu atau anak suka menggigit2 kukunya.

04 Juli 2024, 13:43
Alo dokter, izin berdiskusi, mungkin bisa ditanyakan adanya riwayat hfmd dalam 1-2 bulan yang lalu dok, mengingat beberapa bulan ke belakang banyak kasus hfmd. Pada foto tampak seperti onychomadesis ya dok, komplikasi lanjut pada hfmd. Jika betul demikian, maka tidak perlu pengobatan khusus dan kuku akan tumbuh kembali. Terima kasih.