Kontrol keberhasilan terapi ARV, pemeriksaan apa yang lebih dianjurkan - Patologi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Tonang, Sp.PK, PhD, izin bertanya dokter.Untuk mengontrol keberhasilan pengobatan dengan ARV, pemeriksaan apa yang lebih dianjurkan dokter? Apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kontrol keberhasilan terapi ARV, pemeriksaan apa yang lebih dianjurkan - Patologi Klinik Ask The Expert

    22 September 2021, 11:16

    Alo dr. Tonang, Sp.PK, PhD, izin bertanya dokter.

    Untuk mengontrol keberhasilan pengobatan dengan ARV, pemeriksaan apa yang lebih dianjurkan dokter? Apakah viral load atau CD4? Sebaiknya berapa bulan sekali pemantauan atau evaluasi pengobatan dilakukan?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

22 September 2021, 11:41
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Mohon maaf Dok Nurul, ada tugas mendadak, menjadi terlambat menanggapi. Pada dasarnya false negative dari rapid tes HIV tergolong jarang terjadi. Yang sering terjadi hanya karena masih pada window period (jarak antara terjadinya infeksi dengan mulai dapat dideteksinya antibodi pada rapid tes antibodi). Jarak ini bervariasi antar individu sesuai respon tubuhnya. Rata-rata 80-90 hari untuk antibodi. Akan lebih pendek jaraknya bila menggunakan metode NAAT dapat mulai terdeteksi dalam waktu 10-30 hari. 

Mangga. Tks. 

22 September 2021, 11:42
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Dr Nurul, saat ini yang terbaik tetap dengan monitor CD4 count nggih. Batasnya ada yang menggunakan 200/mikroliter. Diperiksa tiap 3-6 bulan sekali. 

Tks Dok. 

22 September 2021, 11:43
Terimakasih banyak dokter atas jawabannya 🙏🙏🙏