Konsul tatalaksana acne vulgaris di area punggung - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi TS, mohon izin konsul pasien laki-laki 27 tahun dengan keluhan jerawat di punggung kurang lebih 2 tahun terakhir. Tidak ada keluhan seperti...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsul tatalaksana acne vulgaris di area punggung

    21 Desember 2018, 08:46

    Selamat pagi TS, mohon izin konsul pasien laki-laki 27 tahun dengan keluhan jerawat di punggung kurang lebih 2 tahun terakhir. Tidak ada keluhan seperti gatal atau nyeri. UKK terdistribusi di punggung saja meliputi white head comedo, black head comedo, papul, dan pustul, wajah pasien tidak berjerawat, hanya berminyak dan beberapa white head comedo (<20) di sekitar hidung. Saya dx dengan acne vulgaris dd folikulitis. Mohon share tatalaksana ya dok, mengingat keluhan di area punggung saja jadi obat topikal sering terserap ke baju atau resiko terserap sprei saat pasien tidur

21 Desember 2018, 10:04

Alo dok..

saya coba bantu menjawab sepengetahuan saya ya dok..

Untuk obat topikal (benzoil peroksida) yang digunakan di punggung, setahu saya bisa didiamkan minimal 1 jam. Jadi mungkin bisa diedukasi pasiennya agar sebisa mungkin membiarkan punggungnya tidak terkena baju atau sprei setidaknya 1 jam setelah aplikasi salep.

Akan lebih baik lagi jika sediaan benzoil peroksidanya adalah emollient foam wash yang bisa didiamkan hanya 2-5 menit sebelum mandi kemudian dibilas saat mandi. Namun sepertinya belum ada di Indonesia ya. 

cmiiw

21 Desember 2018, 14:27
Terima kasih banyak dok atas masukannya. Kalau untuk antibiotiknya yang waktu penyerapannya cukup cepat apa ya dok?apakah klindamisin bisa dipertimbangkan? 
21 Desember 2018, 16:55
Yang dalam bentuk spray kan ada juga ya sekarang,lebih, mudah dan praktis
21 Desember 2018, 18:40
Terima kasih banyak dokter infonya, saya malah baru tahu ­čśů