Pasien wanita usia 28 tahun dengan keluhan keputihan yang berulang namun sudah berobat - Diskusi Dokter

general_alomedika

Wanita 28 tahun konsul keputihan kambuh-kambuhan. Sejak 3 Bulan Yang lalu. Awalnya banyak lalu sempat berkurang Setelah diberi obat doxiciclin Dari dokter...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 28 tahun dengan keluhan keputihan yang berulang namun sudah berobat

    16 Desember 2020, 08:03

    Wanita 28 tahun konsul keputihan kambuh-kambuhan. Sejak 3 Bulan Yang lalu. Awalnya banyak lalu sempat berkurang Setelah diberi obat doxiciclin Dari dokter untuk asien Dan pasangan ya 2*1 selama 7 Hari namuan Setelah haid kambuh lagi. Keputihan berwarna putih kekuningan, konsistensi cair agak kental, tidak bau tidak gatal.

    sudah menikah namun belum punya anak. Riwayat Kontak seksual pertama dengan suami sat usia 25 tahun. Riwayat seksual dengan satu pasangan demikian Pula pengakuan suami. Riwayat sakit kronis terdahulu Dan Penggunaan antibiotics jangka lama disangkal. Riwayat IMS tidak Ada. Riwayat kanker Di keluarga tidak Ada. Rw pengobatan keluhan ini:

    1. Sekitar 2 Bulan lalu pasien berobat dengan metronidazole 2gram single dose tidak berhasil

    2. Pasien kemudian papsmear hasil chronic servisitis tidak Ada kecurigaan keganasan - diobati dengan Doxycycline 2*1 suami istri 7hari floragyn (probiotic) 2*1 10 Hari, lactacyd. Keluhan membaik sementara lalu Setelah haid muncul lagi namun tidak sebanyak dulu.

    3. Skr.

    Pemeriksaan fisik: Ku baik, status Gizi Baik, TTV Dan status general baik.

    Pemeriksaan penunjang: dilakukan swab vagina untuk melihat trikomonas, go, dan pengecatan gram hasil terlampir

    Diagnosis:

    Follow up Chronis cervicitis EC suspek GO DD sifilis? (With insensitive lab results?)+

    Suspek Imunocompromise

    Tatalaksana:

    Konseling untuk VCT Dan pemeriksaan kultur secret vagina - pasien igin mrmpertimbangkan dengan suami dulu. Kie puasa berhubungan seksual selama pengobatan. Kie Suami datang until pengobatan juga.

    Planing jika suami datang suami istri diterapi dengan: ~CDC STD guideline untuk broad-spectrum GO dual regimen

    Ceftriaxon 250mg IV

    Azitromisin 1gram s.d. PO

    Pasien belum datang. 

    Mohon pendapat TS/Senior untuk kasus ini. Apa diagnosis Yang memungkinkan pada kasus ini Dan tatalaksana apa yg tepat, terutama jika pasien tidak bersedia kultur Karena kendala biaya.

    BTK Coll.

16 Desember 2020, 08:21

Alo Dokter,

Izin ikut berdiskusi ya dok. Apakah terdapat penyakit penyerta pada pasien dok? Dan apakah saat ini sedang menggunakan kontrasepsi untuk menunda kehamilan? Kemungkinan hasil lab jadi agak rancu karena pasca terapi antibiotik beberapa minggu sebelumnya ya dok. Dan sepertinya keluhan pasien membaik dibanding sebelum terapi doxycyclin ya dok. CMIIW menyimak dari TS lainnya.