Penanganan yang tepat pada pasien ibu hamil trimester 1 dengan hemoroid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo TS, Izin bertanya, dalam praktik sehari-hari sering sekali saya menemukan pasien ibu hamil trimester 1 dengan Hemoroid grade 1, pada pasien tersebut apa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan yang tepat pada pasien ibu hamil trimester 1 dengan hemoroid

    23 Januari 2021, 07:48

    Alo TS, Izin bertanya, dalam praktik sehari-hari sering sekali saya menemukan pasien ibu hamil trimester 1 dengan Hemoroid grade 1, pada pasien tersebut apa terapi yang aman diberikan ya dok? Karna pasien mual muntah hebat dan menyebabkan BAB keras,

23 Januari 2021, 15:51
Alo dokter, izin sharing...
ibu hamil memang rentan menderita hemoroid dikarenakan terjadinya peningkatan tekanan pembuluh darah disekitar anus akibat uterus yang makin membesar.
Obat obatan untuk tatalaksana hemoroid memang banyak dalam kategori C. Untuk itu yang bisa kt lakukan adalah berikan edukasi ke pasien seperti tidak mengkonsumsi makanan pedas dan keras, rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Banyak minum air putih minimal 2 gelas sehari, dan rendam anus dengan larutan PK agar hemoroid tidak memburuk.
Jika terlalu sulit untuk BAB maka dapat diberikan obat pencahar seperti laktulosa dll.
Kita menghindari ibu hamil agar tidak mengejan terlalu keras.  jika hal tersebut telah dilakukan oleh pasien dan keluhan masih tidak membaik maka saran untuk penggunaan obat obatan hemoroid sebaiknya di konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu agar aman.
24 Januari 2021, 07:45
Bagaimana dengan pemberian anadium atau ardium dok?
25 Januari 2021, 12:17

Alo dokter, 
Izin menambahkan, 

Penanganan hemorrhoid pada kehamilan lebih difokuskan pada pencegahannya. Konstipasi adalah hal yang secara fisiologis terjadi selama kehamilan, dan hal ini dapat dicegah dengan melakukan diet tinggi serat dan meningkatkan asupan cairan. Selain itu pasien disarankan untuk mengatur pola BAB dan melakukan olah raga ringan. 

Penggunaan laxatives dapat dipertimbangkan sebagai penanganan lini kedua. Laxatives yang dapat digunakan selama kehamilan diantaranya psyllium, methylcellulose, polycarbophil, lactulose, sorbitol, glycerine.

Berikut ini saya menemukan literatur yang membahas tentang penanganan hemoroid pada kehamilan. Semoga membantu ya, dok. 
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3217736/pdf/2010-1411.pdf