Pada pasien dengan dislipidemia kapan terapi statin perlu dimulai - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Sri Ningsih, Sp.PDIzin bertanya, Dok. Pada pasien dengan kondisi dislipidemia, kapankah sebenarnya terapi statin perlu dimulai untuk mencegah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pada pasien dengan dislipidemia kapan terapi statin perlu dimulai - Penyakit Dalam Ask the Expert

    09 Februari 2022, 11:43
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Sri Ningsih, Sp.PD

    Izin bertanya, Dok. Pada pasien dengan kondisi dislipidemia, kapankah sebenarnya terapi statin perlu dimulai untuk mencegah terjadinya kejadian kardiovaskular? Apakah ada parameter/kriteria tertentu untuk inisiasi terapi statin? Terima kasih, Dok. 

09 Februari 2022, 12:56
dr. Sri Ningsih Lubis, M. Ked (PD), Sp.PD
dr. Sri Ningsih Lubis, M. Ked (PD), Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alo dr. Anonymous..

Terapi dislipidemia/ statin boleh dimulai pada kasus dislipidemia dengan PJK atau penyakit setara/ekuivalen PJK (penyakit arteri perifer, aneurisma aorta abdominalis dll), atau dengan adanya faktor risiko seperti merokok, hipertensi, riwayat PJK dini pada keluarga, usia (laki-laki diatas 45 tahun atau wanita diatas 55 tahun) dengan faktor risiko pasien yang dinilai berdasarkan Skor Risiko Framingham (perhitungan prediksi terkena Penyakit Kardiovaskuler dalam 10 tahun) kemudian pasien bisa diterapi dengan statin yg dosisnya disesuaikan berdasarkan kelas risikonya ya dok (risiko rendah, sedang, tinggi, sangat tinggi, ekstrim)..

 

Tentunya terapi diatas sejalan dengan aktivitas fisik, terapi nutrisi medis, stop merokok, perubahan gaya hidup sehat (pengaturan diet sehat), stop alkohol, seimbangkan berat badan juga ya dok..

 

Semoga bermanfaat ya dok

dislipidemia 2019.pdf