Kapan terapi ARV untuk HIV dimulai? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear rekan sejawat, Jika ada pasien yang terbukti positif menderita HIV, kapan terapi ARV dapat diberikan? Sesegera mungkin atau harus menunggu hasil CD4...

Diskusi Dokter

22 Maret 2018, 16:09

Salam, 

Coba bantu jawab dok, 

Dulu memang sempat ada rekomendasi inisiasi ARV diberikan sesuai dengan stadium HIV, atau berdasarkan jumlah CD4 (mulai <350 sel/mm3).

Namun setahu saya dok, terakhir rekomendasi dari WHO menyatakan bahwa pemberian inisiasi ARV-therapy (ART), sebaiknya diberikan pada semua orang dengan HIV/AIDS, tanpa memedulikan berapa jumlah CD4nya.

Sebab menurut penelitian, semakin cepat pemberian ART dimulai, maka klinisnya juga akan semakin baik, ketimbang menunda pemberian ART mengikuti stadium maupun jumlah CD4. 

Jadi menjawab pertanyaan dokter, diberikan sesegera mungkin dok, setelah semua hasil pemeriksaan baseline memenuhi syarat. Untuk hasil pemeriksaan CD4 nantinya tetap diperlukan sebagai kontrol pengobatan ART secara berkala, jadi bisa dibandingkan kondisi pasien dari sebelum dan setelah menjalani pengobatan.

Best Regards.

 

23 Maret 2018, 08:37

Hai dr. Tri, 

Setuju dengan dr Allert dan kalau boleh Saya menambahkan sedikit...

Ini memang sudah masuk dalam rekomendasi program "Treat All" dari WHO, yaitu pemberian ART untuk semua pasien HIV berapapun titer CD4 mereka. 

Kalau pada kasus pasien2 dengan Advanced HIV disease juga sudah direkomendasikan untuk memulai ART secepatnya, Dok, yaitu pada hari yang sama bagi mereka yang sudah siap memulai terapi atau dalam 7 hari sejak terdiagnosis HIV  --> WHO guidelines July 2017 strong recommendation and high quality evidence for adults and adolescents, low quality evidence for children.

Terima kasih

 

23 Maret 2018, 15:58

Terima kasih atas balasan TS sekalian.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai HIV dan pengobatannya, silahkan lihat pada link berikut: HIV

Alomedika juga memiliki artikel terkait HIV yang dapat dibaca sebagai referensi:

Deteksi dini TB pada orang dengan HIV/AIDS

Penanganan Koinfeksi TB-HIV

Stigma HIV pada tenaga kesehatan

06 Mei 2018, 21:29
hhmm..