Kaki dan tangan bengkak setelah operasi kanker - Bedah Plastik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Sara E Sp.BP-RE, apakah kaki dan tangan bengkak yg biasa muncul setelah operasi atau radiasi tumor bisa diatasi, selain kanker penyebabnya apa dok....

Diskusi Dokter

24 November 2021, 13:11
dr.Sara Ester Triatmoko
dr.Sara Ester Triatmoko
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo dr Rachadian,

terima kasih ya Dok untuk stimulasi pertanyaannya.

Pascaoperasi kanker biasanya disertai oleh pengangkatan kelenjar getah bening yang dilakukan dengan tujuan mengangkat kemungkinan sel kanker yang sudah berada di kelenjar tersebut. Sayangnya hal ini merusak jalannya kelenjar limfa sehingga terjadi penumpukan hasil metabolisme di tungkai atau di lengan, yang disebut limfedema. pada kondisi awal masih ada tanda pitting udem, namun kemudian semakin parah akan terjadi fibrosis sehingga tidak lagi pitting.

pada kondisi rusak kelenjar getah bening, perlu dilakukan bypass, pembuluh darah limfa ke pembuluh darah vena, dilakukan dengan bantuan mikroskop, atau dengan teknik supermikro. keberhasilan terapi ini akan menyebabkan berkurangnya keluhan nyeri atau bengkak. perlu juga memperbaiki keseluruhan sistem limfa dengan cara melakukan cangkok kelenjar getah bening, yang diambil dari tempat lain misalnya leher atau submandibula atau dari omentum. hasilnya memang lebih lama terlihat, baru setelah 1 tahun kemudian.

Dokter bedah plastik ahli bedah mikro dan oncoplasty akan bisa membantu untuk masalah ini.

24 November 2021, 13:53
Terima kasih dokter Sara yg baik