Kacamata vs Rigid gas permeable lens - Mata Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ijin tanya Dok Muhammad Syauqie, SpM(K), sebenarnya apa pertimbangan yang dipikirkan saat meresepkan kacamata ketimbang RGP lens, ataupun sebaliknya? Terima...

Diskusi Dokter

19 Agustus 2022, 15:35
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
Dokter Spesialis Mata

AloDok,

Terima kasih atas pertanyaannya,

Untuk indikasi medis peresepan RGP lens yaitu :

-       adanya anisometropia pada kedua mata yaitu perbedaan lebih dari 3 dioptri (minus atau plus) atau lebih dari 2 dioptri (silindris)

-       Pasien dengan miopia yang sangat tinggi (ada beberapa ahli yang menyatakan <-8 Dioptri, ada juga yang <-10 Dioptri). Jika menggunakan kacamata akan terlalu tebal dan terjadi minifikasi (objek yang terlihat akan terlalu kecil), selain stereopsis (penglihatan 3 dimensi) juga akan berkurang sehingga mengganggu dalam aktifitas sehari-hari.

-       Adanya kelainan pada kornea seperti keratokonus ataupun sikatrik pada kornea (bisa akibat bekas trauma pada kornea) sehingga terjadi astigmatisme irreguler dan pemberian kacamata tidak akan memberikan tajam penglihatan maksimal

Sedangkan untuk indikasi kosmetik tidak ada batasan khusus, pasien dengan minus-minus ringan pun dapat diberikan asalkan pasien dapat menjaga higienitas dan penggunaannya sewaktu aktivitas tertentu juga harus dijaga (tidak boleh dipakai berenang, pada saat olahraga dengan kontak fisik dan sewaktu mandi dan tidur). Salah satu kelebihan RGP dibandingkan softlens yaitu juga dapat mengoreksi silindris sehingga pasien tidak perlu memakai kacamata untuk astigmatnya lagi (pada soft lens tidak bisa).

Pada kondisi selain dari indikasi medis penggunaan RGP ataupun pasien tidak dapat menjaga higienitas dan penggunaan RGP, maka pasien lebih baik memakai kacamata karena lebih aman.

Semoga dapat menjawab pertanyaannya ya.