Penanganan bagaimana yang tepat untuk jerawat kronis yang tidak kunjung membaik - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Saya punya anak laki2 umur 25 th dg jerawat dimuka dan punggung. Usaha2 terapi sudah dilakukan. Baik topikal dan oral tp tak kunjung berhasil....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan bagaimana yang tepat untuk jerawat kronis yang tidak kunjung membaik

    14 November 2020, 17:49

    Alo Dokter. Saya punya anak laki2 umur 25 th dg jerawat dimuka dan punggung. Usaha2 terapi sudah dilakukan. Baik topikal dan oral tp tak kunjung berhasil. Mohon advis haruskah ke spesialis dermatokosmetik yg direkomendasikan. Pernah ada ulasan racikan topikal yg mengandung bbrp zat aktif. Bisa didapat dimanakah atau ada obat paten nya. Terimakasih. Salam sejawat.

14 November 2020, 19:23

Selamat malam Dokter, jika merujuk pada sumber-sumber berikut:

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/jerawat/penatalaksanaan

https://emedicine.medscape.com/article/1069804-treatment

https://www.aad.org/member/clinical-quality/guidelines/acne

Untuk penatalakasanaan jerawat, tentu harus dilihat terlebih dahulu drajat dan tingkat keparahannya Dokter.  Pada jerawat dengan derajat ringan, maka pilihannya terapi topikal, seperti benzoil peroksida, retinoid topikal, atau kombinasi keduanya. Untuk jerawat derajat sedang maka terapi topikal akan dikombinasikan dengan antibiotik oral, seperti doksisiklin. Pada jerawat derajat berat maka akan diperlukan isotretinoin oral. 

Nah, namun jika saya lihat di SKDI, untuk jerawat sedang dan berat maka memang harus dilakukan rujukan ke dokter spesialis kulit dokter untuk penangananya. Untuk apakah ada produk dengan nama paten yang kandungan racikan dan benar-benar efektif untuk mengobati jerawat drajat sedang atau berat, sampai saat ini saya belum tau pasti Dokter. Namun, IMHO jika memang sudah di drajat sedang dan berat sebaiknya di priksakan langsung ke dokter kulit ya dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW.

14 November 2020, 21:02
Terimakasih. Sepertinya anak saya perlu penanganan lebih lanjut dg dokter spesialis kulit dan pemeriksaan diagnostic mana yg diperlukan . Ada rekomendasi dok ?