Apakah mungkin janin cegukan dan dirasakan ibu? - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, apakah ada istilah janin cegukan ya? dan apakah bisa dirasakan ibu hamil?btk

Diskusi Dokter

17 September 2018, 06:32

Alo dr Wiji, 

Sejak didalam kandungan bisa saja dok janin mengalami cegukan, namun sepertinya agak sulit juga ya Dok untuk membedakan yang mana cegukan dan mana yang gerakan lain. 

 

17 September 2018, 06:50

Alo dokter Wiji!

Menambahkan dr.Yana.

Jadi benar dok.. bayi memang bisa hiccup dari dalam kandungan. Rata-rata mulai dirasakan oleh ibu di minggu ke 24. Proses ini sendiri umumnya normal dan menggambarkan tumbuh kembang yang baik. Walaupun sampai saat ini belum diketahui alasan pasti bayi cegukan in utero, salah satu teori menduga hal ini berkaitan dengan maturasi paru.

Hiccup sedikit berbeda dengan 'quickening' atau fetal movement. Cegukan pada janin ini biasanya terasa sebagai 'jerky motions', spasme otot, pulsasi, atau kedutan yang sifatnya ritmik. Berbeda dengan quickening atau fetal movement yang biasanya timbul karena perubahan posisi ibu, hiccup biasanya timbul tiba-tiba saat ibu sedang ngga ngapa-ngapain.

Red flag yang perlu disampaikan pada ibu : Jika cegukan muncul setiap hari, sebanyak lebih dari 4 kali, pada kehamilan di atas 28 minggu. Walaupun kebanyakan cegukan janin ini normal, namun terkadang juga mengindikasikan adanya masalah pada tali pusat.

17 September 2018, 21:15
dr. Alvina, SpKJ
dr. Alvina, SpKJ
Dokter Specialis Psikiater
selamat malam.saya hanya ingin berbagi pengalaman.saat saya hamil,saya dapat membedakan antara janin cegukan atau bergerak.
cegukan pada janin hampir sama seperti saat kita orang dewasa cegukan jd teratur ada gerakan kecil berulang begitu. saya pernah membaca salah satu teorinya kalau tidak salah adalah perkembangan saraf.