Pasien perempuan usia 40 tahun dengan keluhan nyeri pada kedua kaki saat berjalan selama 1 bulan lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

izin konsul dok, sya menmukan pasien d fktp permpuan 40 tahun, pos melahirkan anak pertama di bidan, sekarang keluhan nya nyeri kedua kaki ketika berjalan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien perempuan usia 40 tahun dengan keluhan nyeri pada kedua kaki saat berjalan selama 1 bulan lalu

    19 Oktober 2020, 11:39
    dr.INFANDRI
    dr.INFANDRI
    Dokter Umum

    izin konsul dok, sya menmukan pasien d fktp permpuan 40 tahun, pos melahirkan anak pertama di bidan, sekarang keluhan nya nyeri kedua kaki ketika berjalan dialami sudah 1 bulan, dan mnejalar ke atas, riwayat asam urat (-), Ht (+).

    Kira2 mengarah kmna ya dok ? Dan tx yg bisa d kasih apa ya dok ? Terimaksih dok 

19 Oktober 2020, 13:12

ALO, dr. Infandri.

Menurut saya, perlu dilakukan anamnesis lebih dalam mengenai karakteristik nyeri pada pasien tersebut, seperti lokasi, frekuensi, intensitas, interval, dan penjalaran nyeri. Selain itu, nilai juga apakah nyeri diperberat/berkurang dengan aktivitas tertentu. 

Selain itu, pemeriksaan fisik juga perlu dilakukan. Nilai status lokalisata pada kaki pasien serta range of movement yang dapat dicapai sampai teridentifikasi nyeri.

Karakteristik nyeri yang menjalar mungkin dapat berhubungan dengan hernia nucleus pulposus, walaupun studi tentang kedua hal ini masih terbatas pada laporan kasus saja. Pada kondisi ini, pemeriksaan Laseque dan Patrick akan menunjukkan hasil positif. Namun masih perlu dikonfirmasi dengan MRI, sebagai gold standard diagnosis.

Mungkin TS lain ada yang dapat menambahkan atau mengoreksi :)