Pasien ibu hamil dengan IUFD usia kehamilan 40 minggu 1 hari, riwayat ANC Ada hipertensi & proteinuria + - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, Ada kunjungan ibu primigravida,usia kehamilan 40 minggu 1 hari. Ibu merasakan bayi tdk bergerak sehari ebelumnya , Pada USG yg saya lakukan tdk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien ibu hamil dengan IUFD usia kehamilan 40 minggu 1 hari, riwayat ANC Ada hipertensi & proteinuria +

    06 Juni 2022, 04:52
    dr.Prionoto
    dr.Prionoto
    Dokter Umum

    Alo dokter, Ada kunjungan ibu primigravida,usia kehamilan 40 minggu 1 hari. Ibu merasakan bayi tdk bergerak sehari ebelumnya , Pada USG yg saya lakukan tdk dijumpai tanda kehidupan , fetal heart negative,fetal movement negative, oligohydramnion, sy diagnosa IUFD. Segera dirujuk ke RS utk penanganan selanjutnya. Riwayat darah tinggi & proteinuria +2 dijumpai sebelumnya saat ANC dgn bidan, saat usia kehamilan 36 Minggu,bidan pernah merujuk ke SpOG. Kmdn SpOG merujuk ke RS utk dilakukan pematangan paru. Di RS sdh dilakukan pengobatan pematangan paru oleh SpOG RS. Setelah 2 Hari dirawat,pasien boleh pulang. Yang jadi pertanyaan saya apakah setelah proses pematangan paru ,dibolehkan pulang & dibolehkan utk melahirkan Di bidan atau klinik yg tidak Ada SpOG nya? Knp pasien dibolehkan pulang dan dibolehkan melahirkan Di fasiliitas yg tdk ada SpOG nya? Apakah Ada mismanagement pada pasien ini? Shg menyebabkan IUFD? Mohon tanggapan TS semua,terkhusus SpOG. Terima ksh .

06 Juni 2022, 16:03
dr. Felicia
dr. Felicia
Dokter Umum

Alo dokter,

Ijin ikut menyimak diskusi.

Melihat riwayat pasien, sepertinya diagnosis saat dirujuk pertama oleh bidan adalah preeklamsia dan oligohidramnion karena curiga KPD mungkin ya dok. 

Mungkin untuk pertimbangan penatalaksanaannya sesuai dengan sejawat SpOG. Ijin ikut menyimak ya dok, semoga ada dr. SpOG yang memberikan jawaban.

07 Juni 2022, 06:39
dr.Prionoto
dr.Prionoto
Dokter Umum
Betul dok Felicia, preeclampsia tensi 160/90, proteinuria+2,  Usia kehamilan 36 Minggu ,lalu dirujuk ke praktek dr.SpOG , kmdn oleh dr. SpOG dirujuk ke RS untuk treatment lanjut..Setelah dirawat 2 Hari pasien dibolehkan pulang...waktu kehamilan 40 w ke bidan, lalu bidan merujuk ke saya utk memastikan IUFD...setelah dilakukan USG dijumpai djj negative, gerakan janin negative, Dan oligohydramnion...Kmdn sy sarankan segera ke RS utk penanganan lanjut.. Demkian Kira2 kronologisnya. Terima ksh dok..
07 Juni 2022, 16:17
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Untuk masalah mismanagement sebaiknya tidak terlalu dini ya. Mungkin hasil penilaian dan pemeriksaan di RS berbeda dengan di faskes primer.
Tapi jika melihat pnpk preeklampsia maka pasien yg sudah tegak pre-eklampsia berat ( sekarang disebut pre-eklampsia dengan penyulit- ada gangguan end organ ) jika diketemukan pada usia diatas 34 Minggu akan dilakukan manajemen aktif setelah sebelumnya mempertimbangkan kematangan paru bayinya. Jika dari hasil pemeriksaan ternyata hipertensi kronis / pre-eklampsia tanpa penyulit-(dalam icd 10 masih disebut pre-eklampsia ringan) jika selama penanganan td terkontrol dan kondisi bayi baik maka bisa ditunggu hingga 37 Minggu dengan tetap mengedukasi tanda2 bahaya pre-eklampsia dan adanya kontrol rutin TD setiap seminggu 2x dan USG secara rutinUntuk permasalahan kecurigaan mismanagement, sebaiknya dikomunikasikan untuk mengetahui diagnosis dan hasil pemeriksaan di RS tersebut sebelum menyimpulkannya.Bisa dibuka pedoman pnpk preeklampsia di website pogi
08 Juni 2022, 05:28
dr.Prionoto
dr.Prionoto
Dokter Umum
Terimakasih dok Shandy, informasi yg sy dapatkan mmg hanya dari bidan dan pasien/ keluarga saja. Sy tdk tahu persis bgm penanganan/ informasi dari RS.. Berdasarkan informasi tsb sptnya edukasi kpd pasien mungkin tdk nyambung ke pasien atau tdk dimengerti atau tdk dilaksanakan pasien..Mmg pasien itu tdk pernah kontrol ke saya, hanya rujukan bidan utk memastikan IUFD...setelah dilakukan pemeriksaan USG ( kehamilan 40 w 1 d) disimpulkan IUFD lalu dirujuk balik ke RS, sebelumnya sy anamnesis kronologisnya, Berdasarkan info pasien& klg , spt yg saya tulis diatas sebelumnya, berawal kontrol ke bidan (kehamilan 36 Minggu) ,kmdn dirujuk ke praktek SpOG ,lalu dirujuk ke RS. Dirawat Di RS 2 Hari kmdn pasien boleh pulang..Mnrt info pasien/ keluarga ,klo ada apa2 boleh hubungi dokter / bidan terdekat. Saya tidak tahu pasti informasi dan management pasien ini dari pihak RS. Demikian kira2 dok..
08 Juni 2022, 12:19
dr.Prionoto
dr.Prionoto
Dokter Umum
Last update ,bayi IUFD sdh dikeluarkan by SC, BB bayi +- 4 kg..
08 Juni 2022, 12:27
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Semoga ibunya cepat pemulihannya