interaksi antara produk wajah yang mengandung matcha dengan isotretinoin - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dok, mohon bantuannya menjawab pertanyaan user, ada user yang bertanya, bila sedang mengkonsumsi isotretinoin apakah tidak boleh menggunakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • interaksi antara produk wajah yang mengandung matcha dengan isotretinoin

    16 Desember 2018, 11:25
    dr. Agustina
    dr. Agustina
    Dokter Umum

    Selamat siang dok, mohon bantuannya menjawab pertanyaan user, ada user yang bertanya, bila sedang mengkonsumsi isotretinoin apakah tidak boleh menggunakan produk untuk kulit yang mengandung matcha? Adalah t.s yang punya pengalaman atau informasi terkait hal ini? Terimakasih sebelumnya

16 Desember 2018, 14:18
Alo dr. Agustina..
Saya coba bantu jawab sedikit ya dok.
Sepengetahuan saya, matcha/green tea dapat bermanfaat dalam penatalaksanaan acne dengan herfungsi sebagai antioksidan. Di dalam matcha terdapat epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan senyawa polifenol yang berdasarkan studi pada hewan coba dapat menyebabkan demetilasi dari gen RAR (retinoic acid receptor), tetapi studi yang ada baru sampai situ saja dok setau saya.. belum ada studi yang betul-betul menyatakan bahwa kedua obat tsb berinteraksi dan saling mempengaruhi secara klinis, apalagi pada acne. Studi mengenai aspek farmakologi matcha, sama seperti obat-obat herbal lain, masih sangat terbatas dan membutuhkan riset lebih lanjut. Cmiiw.
Untuk pasien dokter, menurut saya lebih baik untuk disarankan berkonsultasi dengan dokter estetik atau SpKK. Perlu ditekankan juga pada pasien tsb bahwa self medication bisa memperparah keluhannya..
Semoga membantu doc..
16 Desember 2018, 14:59
dr. Agustina
dr. Agustina
Dokter Umum
Terimakasih banyak dok untuk informasinya..sangat membantu 🙏☺
16 Desember 2018, 14:42
dr.Ginawati
dr.Ginawati
Dokter Umum
Halo dokter Agustina.. Hmm, pertanyaannya menarik nih dok. Kebetulan sy jg belajar sedikit tentang estetika. Coba sy jawab ya..

Jadi Roaccutane adl obat yg biasanya diresepkan utk mengatasi masalah jerawat. Biasanya yg udah lumayan parah. Karena dg topikal saja tidak cukup. Selama meminum obat ini, sebaiknya memang tidak berkontak langsung dg sinar UV, krn isi obat ini adl isotretinoin, yg mengakibatkan kulit jd sensitif terhadap UV. 

Sementara matcha atau green tea, pada kasus estetika, sering digunakan dalam bentuk sabun atau toner. Karena greentea mengandung antibakteri utk P. Acne. 

Pada kondisi greentea/matcha sbg minuman, tentu saja tidak menimbulkan interaksi obat dg isotretinoin. Tetapi bisa jadi menghalangi penyerapan isotretinoin jika dikonsumsi secara bersamaan. Mengingat masih banyak masyarakat kita yg minum obat pakai air teh, bukan air putih. 

Sementara itu yg dapat sy sampaikan dr sisi kedokteran estetika. Utk informasi lebih lanjutnya, sy sarankan diarahkan ke Sp.KK saja dok. Agar lebih terarah dan pasien lebih aware akan obat yg dikonsumsi, baik indikasi, efek samping, maupun interaksi obatnya.


16 Desember 2018, 15:00
dr. Agustina
dr. Agustina
Dokter Umum
terimakasih banyak dok untuk jawabannya 🙏☺ sangat bermanfaat