Pasien susah BAB dengan riwayat IBD dan Hypertiroid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin share kasus Pasien mengeluh pup rasanya kayak gak tuntas. Udah coba ke toilet bbrp kali, tp tdk ada yg keluar. Perut bagian bawah kayak tegang/kenceng...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien susah BAB dengan riwayat IBD dan Hypertiroid

    18 Mei 2021, 11:05

    Izin share kasus

    Pasien mengeluh pup rasanya kayak gak tuntas. Udah coba ke toilet bbrp kali, tp tdk ada yg keluar. Perut bagian bawah kayak tegang/kenceng gitu, kadang sakit. Hari ini gk bisa pup, tp kayak mau pup. Sekarang ada rasa mual dan begah. Ada riwayat IBD (2015, 2017) dan Hypertiroid (Februari 2021). Untuk pengobatan IBD di stop sendiri.

    Izin diskusi

    1. Apakah pengobatan hipertiroid bisa mengakibatkan munculnya gejala konstipasi ?

    2. Kapan kita perlu waspada konstipasi tersebut merupakan underactivity dari hormon tiroid ?

    Trimakasih TS

18 Mei 2021, 12:36

ALO, dr. Margo.

Izin ikut berdiskusi ya, Dok..

Sudah berapa lama keluhan tidak bisa BAB pada pasien ini, Dok? Apakah pasien mengonsumsi obat antihipertiroid? Perlu dipahami bahwa konstipasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain juga, seperti kurangnya aktivitas fisik, rendahnya asupan serat, hingga penggunaan obat-obatan (OAINS, antidepresan, antispasmodik)

Pada pasien yang menderita hipertiroid, terapi tertentu yaitu cholestiramine memiliki efek samping berupa konstipasi. Selain itu, beberapa terapi lain, seperti methimazole dan radioaktif iodine juga dapat menyebabkan hipotiroid, yang mungkin kemudian berkaitan dengan konstipasi.

https://www.aafp.org/afp/2016/0301/p363.html

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20629556/

Mungkin TS yang lain dapat menambahkan..