Hordeolum pada anak kapan perlu diterapi - Mata Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. M. Sidik, SpM(K), saya ingin bertanya 2 hal dok.1. Hordeoulum pada bayi, kapan perlu diterapi AB, apakah perlu diberika tetes mata AB+steroid atau AB...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hordeolum pada anak kapan perlu diterapi - Mata Ask The Expert

    20 Desember 2021, 11:05
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. M. Sidik, SpM(K), saya ingin bertanya 2 hal dok.

    1. Hordeoulum pada bayi, kapan perlu diterapi AB, apakah perlu diberika tetes mata AB+steroid atau AB saja. Dan berapa lama biasanya hordeolum dapat berubah menjadi kalazion.

    2. Pada trauma mata krn kecolok tangan/kuku, saat kejadian terlihat perdarahan subkonjungtiva, perlu diterapi apa ya dok, atau hanya perlu diobservasi saja? karena pasien biasanya merasa lebih tenang jika diberikan tindakan atau obat. 

    Terimakasih dok. 

20 Desember 2021, 11:19
dr. Muhammad Sidik
dr. Muhammad Sidik
Dokter Spesialis Mata

Terima kasih atas pertanyaannya.

1. Penatalaksanaan untuk hordeolum dapat dilakukan dengan pemberian salep mata antibiotik, yang terbaik adalah dari jenis Oxytetracycline, diberikannya harus melalui conjunctiva tarsal. Tidak perlu diberikan steroid. Jangan lupa untuk kompres hangat.

Perubahan dari hordeolum menjadi khalazion tidak dapat diprediksi, khalazion adalah peradangan granulomatous , biasanya tidak disertai kemerahan dan nyeri.

2. Subconjunctival hemorrhage pada dasaranya tidak memerlukan pengobatan yang spesifik karena perdarahan yang terjadi akan diresorbsi dengan sendirinya. Akan tetapi bila disertai dengan perlukaan pada conjunctiva bulbi (laserasi conjunctiva), tetes antibiotika untuk mata boleh diberikan untuk mencegah infeksi.

Terima kasih