Pemberian edukasi kepada pasien mengenai penggunaan obat herbal dirumah - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter. izin bertanya dan membuka diskusi sejawat sekalian.Apakah ada bahan kombinasi apa saja untuk home remedies yang baik bagi tubuh ataupun yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian edukasi kepada pasien mengenai penggunaan obat herbal dirumah

    20 November 2019, 01:24

    Alodokter. izin bertanya dan membuka diskusi sejawat sekalian.

    Apakah ada bahan kombinasi apa saja untuk home remedies yang baik bagi tubuh ataupun yang berbahaya??

    Untuk keperluan edukasi terkadang banyak pasien yg bertanya terkait kombinasi obat herbal, jamu dsb yang sy sendiri pun menyarankan kombinasi home remedies diminimalkan bahkan dihindari saja. Sedikit dibingungkan jg oleh produk² herbal baru sekarang ini. Mau dilarang pun pasti susah ya dok..

    Sbg contoh pasien sy yg mencampurkan olahan bawang putih (kaya antioksidan dan senyawa antibiotik) dicampur dengan jamu yang kebanyakan berbahan steroid. Sy pun mencari jurnalny belum dapat hasil yg saya cari. 

    Terimakasih dokter, mohon pencerahan nya

20 November 2019, 07:35

Alo dokter.. Ikut nimbrung diskusi..

Untuk saat ini sudah ada obat herbal yang terstandarisasi, lebih baik jika pasien menanyakan mengenai obat herbal, sebaiknya diberikan obat yang sudah disetujui oleh BPOM sehingga lebih aman.

Dan selalu ingatkan untuk tetap rutin kontrol ke dokter bila ada keluhan / penyakit.

 

20 November 2019, 08:48

Baik dok, terimakasih banyak

20 November 2019, 11:59

Alo Dok,

Tentunya harus menyamakan persepsi dulu dgn pasien tentang konsep pengobatan herbal. Menurut awam, herbal adalah penggunaan bahan tradisional sedangkan menurut kedokteran, yg disebut obat herbal merujuk pada obat herbal terstandar yg menggunakan bahan tradisional yg telah terstandardisasi dan melalui uji pra klinis. Pada obat bahan tradisional ada tingkatannya sendiri berdasarkan ada tidaknya uji klinis mulai dari jamu, obat herbal terstandar maupun fitofarmaka. Lebih detail bisa dibaca di PMK no 6 tahun tentang formulatorium obat herbal asli indonesia ya dok.

Setuju dengan dr. Hudiyati, obat bahan tradional boleh digunakan namun sebaiknya gunakan obat yang sudah teregister di BPOM. Untuk obat bahan tradisonal ada logonya sendiri masing-masing dok. Yang paling penting, pastikan juga bahwa pasien tidak meninggalkan terapi yang telah dianjurkan dokter atau mengganti sendiri terapinya. 

20 November 2019, 13:29

Baik dok... banyak terimakasih, sangat bermanfaat.

20 November 2019, 12:22
Izin menyimak dokter 
21 November 2019, 05:32
Nice info dokter