Pasien wanita usia 35 tahun dengan hipertrigliserida menetap setelah pengobatan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter.Ijin berdiskusi dok.Seorang wanita usia 35th, datang dengan keluhan badan sakit semua. Pasien lalu berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 35 tahun dengan hipertrigliserida menetap setelah pengobatan

    21 Maret 2021, 23:44
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter.

    Ijin berdiskusi dok.

    Seorang wanita usia 35th, datang dengan keluhan badan sakit semua. Pasien lalu berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan laboratorium darah dan didapatkan hasil trigliserida 524mg/dl, kolesterol 257mg/dl, asam urat 10mg/dl.

    Saya anamnesis lebih lanjut, awalnya selama 1 bulan ini pasien menjalani diet untuk mengurangi berat badan dengan banyak mengonsumsi protein, tetapi tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Setelah itu, karena badan pasien terasa tidak enak, pasien berhenti melakukan diet tersebut.

    Kemudian saya terapi dengan golongan fibrat untuk menurunkan kadar trigliserida dan allopurinol untuk menurunkan kadar asam urat pasien.

    Setelah 1 minggu, saya melakukan pemeriksaan darah ulang pada pasien, didapatkan asam urat 4,3mg/dl dan trigliserida malah meningkat menjadi 574mg/dl.

    Untuk kasus seperti ini, tindakan apakah yang sebaiknya dilakukan dokter? Untuk sementara ini pasien saya anjurkan untuk lebih meningkatkan aktivitas fisik dan menjaga asupan makanan mengurangi karbohidrat, lalu minggu depan saya rencanakan untuk cek trigliserida ulang. Apakah perlu dilakukan rujuk ke dokter spesialis dalam, dokter?

    Mohon advicenya. Terima kasih

22 Maret 2021, 06:58
dr.Arlis Karlina, SpPD
dr.Arlis Karlina, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Saran saya, di edukasi ulang untuk pola makannya kembali, jangan bosan untuk mengedukasi ya, terkadang pasien lebih butuh support edukasi yg lebih sering. Untuk trigliserida nya bisa di ulang kembali bulan depannya. Untuk pemakaian Fibrat boleh di teruskan bisa dg kombinasi Statin. Terima kasih.
22 Maret 2021, 12:08
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dokter, terimakasih atas asupannya 🙏🏼 Sangat membantu sekali
22 Maret 2021, 08:09
dr.Surya Marthias, Sp.JP, FIHA
dr.Surya Marthias, Sp.JP, FIHA
Dokter Spesialis Jantung
lebih baik dikombinasikan dengan statin. Saran saya lakukan juga pengecekan pada LDL karena penting untuk stratifikasi risiko kardiovaskular sehingga bisa deteksi dan terapi lebih dini pada dyslipidemia persisten
22 Maret 2021, 08:10
dr.Arlis Karlina, SpPD
dr.Arlis Karlina, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Setuju Dok👍
22 Maret 2021, 12:09
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dokter. Terimakasih atas asupannya 🙏🏼 Sangat membantu sekali dokter