Hidronefrosis pada kehamilan 22 minggu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon konsul TS pasien MCUuntuk Klinis baik dan hasil laboratorium lainnya baik, didapatkan USG : hidronefrosis grade II ec karena uterus membesar,dan masih ...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hidronefrosis pada kehamilan 22 minggu

    09 November 2018, 14:30

    Mohon konsul TS pasien MCU

    untuk Klinis baik dan hasil laboratorium lainnya baik, didapatkan USG : hidronefrosis grade II ec karena uterus membesar,dan masih bisa termasuk fisiologis dalam kehamilan, yang ingin saya konsulkan hidronefrosis sampai grade berapa yang perlu diwaspadai?selain ada penyulit lainya seperti pyelonefritis akut karena hidronefrosis

09 November 2018, 15:05

Alo dokter Radian!

Setau saya pertimbangannya bukan berdasarkan grade dok. Tapi berdasarkan klinis pasiennya. Misalnya ada kolik uretra, tanda-tanda gagal ginjal akut, atau hal lain yang bisa mengancam kesehatan ibu dan janin, itu sudah indikasi untuk dilakukan terapi.

Selain itu, hidronefrosis juga memudahkan terjadinya infeksi saluran kemih, dan ISK sendiri diketahui bisa memicu persalinan prematur.

Menurut jurnal ini (https://obgyn.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1046/j.1471-0528.2002.01545.x) tatalaksana konservatif efektif pada 92,9% pasien,  cmiiw.

09 November 2018, 15:39

dr.Radian Ashar Pambudi
Nov 09, 2018 at 14:30 PM

Mohon konsul TS pasien MCU
untuk Klinis baik dan hasil laboratorium lainya baik, didapatkan USG:hidronefrosis grade II ec karena uterus membesar,dan masih bs termasuk fisiologis dlm kehamilan, yang ingin saya konsulkan hidronefrosis sampai grade berapa yang perlu diwaspadai?selain ada penyulit lainya seperti pyelonefritis akut karena hidronefrosis

Sore doc,

Setahu saya, pada kehamilan, Progesterone mmg bs menyebabkan penurunan motilitas ureter shg bs menyebabkan hydroureter dan hydronephrosis ringan yg kadang bahkan bs bergejala spt flank pain, mengingat flank pain bs overlapping dgn nyeri pinggang krn perubahan fisiologis hamil kadang mmg zulit memastikan ini krn yg mana.

Tapi hydronephrosis ringan dan hydroureter tanpa gangguan fungsi ginjal seharusnya tdk masalah dan akan resolving setelah persalinan.

Mgkn ada sejawat yg bs menambahkan atau mengkoreksi.

Terima kasih.

09 November 2018, 20:32
Terimakasih banyak TS