Gangguan pertambahan tinggi badan anak - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Joko!Seorang anak laki-laki, usia 17 bulan, dikeluhkan tidak mengalami pertambahan tinggi badan yang adekuat. Jika di plot ke kurva tinggi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Gangguan pertambahan tinggi badan anak - Anak Ask the Expert

    19 Januari 2021, 13:14

    ALO, dr. Joko!

    Seorang anak laki-laki, usia 17 bulan, dikeluhkan tidak mengalami pertambahan tinggi badan yang adekuat. Jika di plot ke kurva tinggi badan/umur dari WHO, grafik mengarah ke garis hitam, sedangkan grafik berat badan/umur berada dalam batas normal.

    Kira-kira apa gangguan yang mendasari kondisi ini, Dok? Selain itu, kapan rujukan ke dokter subspesialis endokrin anak diperlukan?

19 Januari 2021, 13:23
Alo dr. Ciho. Klo grafik berat badan/usia normal sementara tinggi badan/usianya bermasalah kemungkinan anak mengalami perawakan pendek (short stature). Kondisis short stature sendiri ada yg sifatnya variasi normal (familial atau konstitusional) ada juga yg sifatnya patologis..
Pada kondisi grafik seperti di atas kemungkinan masuk kategori patologis karena terjadi penurunan laju pertumbuhannya (height velocity) dibandingkan bulan2 sebelumnya.Untuk langkah pertama anak perlu dilakukan pengukuran segmen atas (dari kepala sampai simfisis) dan segmen bawah (dari simfisis ke ujung kaki). Jika proporsional maka kemungkinannya bs disebabkan karena proses infeksi atau masalah nutrisi sementara jika tidak proporsional bisa dicurigai kelainan hormon atau endokrin yg selanjutnya dikonsultasikan ke dokter endokrinologi anak
19 Januari 2021, 15:26

Baik, Dokter. Terima kasih banyak atas penjelasannya, Dok.