Fraktur metakarpal digiti 5 pasca trauma - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pagi Dok! Yuk kita diskusikan kasus berikut ini. Laki-laki, 26 tahun, bekerja sebagai mekanik pabrik, datang ke IGD pasca trauma pada tangan kanan setelah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Fraktur metakarpal digiti 5 pasca trauma

    20 Agustus 2018, 10:03
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Pagi Dok! Yuk kita diskusikan kasus berikut ini.

    Laki-laki, 26 tahun, bekerja sebagai mekanik pabrik, datang ke IGD pasca trauma pada tangan kanan setelah meninju dinding karena permasalahan keluarga.

    Waktu diperiksa, tangannya tidak ada luka terbuka tapi ada sedikit deformitas, nyeri tekan, dan edema pada sisi medial metakarpal dextra digiti 5.

    Apakah penatalaksanaan yang paling sesuai untuk pasien ini? Apakah cukup dengan bidai atau harus dilakukan tindakan operatif?

     

20 Agustus 2018, 11:04
Tampaknya ada fraktur metacarpal ya dok? pasang gips sepertinya bisa dok.
20 Agustus 2018, 11:16
Saya juga setuju dok, nampaknya cukup pemberian bidai dan obat serta edukasi ke pasien saja dok. Bila setelah pembidaian msh ada keluhan baru bisa dipikiran untuk terapi lainnya.
20 Agustus 2018, 12:46

Alo dok,

Dari gambaran ronsen memang terlihat adanya diskontinuitas ya di os metacarpal digiti 5. 

Kalau dari jurnal yang saya baca, pada fraktur metacarpal 88% yang terkena fraktur adalah jari selain jempol/ibu jari, dan yang paling sering terkena memang digiti 5.

Untuk penanganannya tergantung tingkat keparahan salah satunya apakah ada cedera soft tissue yang cukup parah, namun secara garis besar dapat dilakukan secara konservatif dan pembedahan.

Fraktur metacarpal digiti 5 sendiri tingkat pemulihan dengan metode konservatif cukup baik. Salah satu caranya bisa dengan pembidaian seperti yang sudah disampaikan TS dr. Nurul Falah dan dr. Alain. 

mungkin ada TS lain yang memilki pengalaman menangani fraktur sejenis? 

Terimakasih

 

 

 

 

20 Agustus 2018, 13:34

Alo dok..

Saya mau coba menambahkan ya dok. Kalau dilihat dari gambaran X-ray nya sepertinya Boxer's Fracture dok. Kalau untuk penanganan sampai saat ini memang belum ada konsensus mengenai apakah fraktur tersebut harus dilakukan tindakan pembedahan atau justru tindakan konservatif (kecuali bila fraktur parah misal fraktur terbuka dengan sudut >45 derajat atau rotasi >20 derajat).

Kalau untuk tindakan konservatif sepertinya harus diedukasi juga dok untuk tetap follow up kondisinya supaya tetap terpantau kondisi penyembuhan tulangnya. Dan juga tetap edukasi supaya tidak ada tindakan seperti itu ke depannya.

Bila memang ada faktor penyebab lain juga sepertinya perlu ditangani sih dok misal apakah pasien ada faktor psikososial yang berhubungan misal penggunaan napza atau riwayat kekerasan dalam rumah tangga.