Foamy urine atau BAK berbusa apakah selalu patologis jika terjadi pada anak anak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya.Apakah Foamy urine /BAK berbusa pada anak selalu patologis?Pada anak yang hasil urinalisa dan Faal ginjal dinyatakan dalam batas...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Foamy urine atau BAK berbusa apakah selalu patologis jika terjadi pada anak anak

    19 Maret 2021, 23:17
    dr.Lindawaty
    dr.Lindawaty
    Dokter Umum

    Alo dok, izin bertanya.

    Apakah Foamy urine /BAK berbusa pada anak selalu patologis?


    Pada anak yang hasil urinalisa dan Faal ginjal dinyatakan dalam batas normal tapi keluhan kencing berbusa tetap ada( walaupun pemeriksaan fisik juga normal), menurut TS diperlukan pemeriksaan apa yang lebih detail?


    Bagaimana pengaturan diet pada pasien anak dengan Foamy urine ?


    Bagaimana sebaiknya pengaturan protein makanan atau pengganti protein pada anak dengan Foamy urine yang memang diharuskan pembatasan protein ,mengingat anak anak masih dalam masa pertumbuhan?


    Berapa lama sebaiknya untuk pemeriksaan ulang pada kasus tersebut?

22 Maret 2021, 11:27

Alo Dokter

Menurut literatur, hanya sekitar 1/3 kasus foamy urine berkaitan dengan proteinuria. Kasus selebihnya merupakan foamy urine yang tidak dapat dijelaskan etiologinya dengan pasti (unexplained). Beberapa penyebab lain yang dinilai mungkin memunculkan foamy urine adalah kolestasis dan penggunaan obat tertentu. Bila pemeriksaan urine menunjukkan rasio albumine-to-creatinine dan rasio protein-to-creatinine yang normal, kemungkinan kasus tersebut tidak disebabkan oleh proteinuria. Literatur menyatakan bahwa mereka tidak menyarankan investigasi lebih lanjut pada kasus foamy urine yang tidak disertai proteinuria. Untuk diet, bila kasus tidak disebabkan oleh proteinuria, sepertinya tidak perlu menjalani restriksi protein, Dok. Berikut tinjauan lebih lengkapnya ya, Dok:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6832055/

 

22 Maret 2021, 15:55
dr.Lindawaty
dr.Lindawaty
Dokter Umum
Halo dok Irene, terimakasih buat info artikelnya.🙏