Indikasi dari External Beam dan Brachytherapy seperti apa - Onkologi Radiasi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Steven,Mohon bertanya mengenai external beam radiation dan brachytherapy, apa indikasi untuk masing-masing terapi tersebut?Terima kasih

Diskusi Dokter

04 Februari 2022, 13:48
dr. Steven Octavianus SpOnkRad
dr. Steven Octavianus SpOnkRad
Dokter Spesialis Onkologi

Hallo,

External beam Radiation therapy (EBRT) atau sinar luar, merupakan pemanfaatan sinar pengion menggunakan teletherapy dimana sumber radiasi berada diluar tubuh pasien. Penggunaanya sangat luas, dan dapat digunakan pada berbagai jenis kanker. Pada Kanker Kepala leher, Tumor SSP, Kanker Paru, Kanker pada Rongga Thorak, Abdomen, Pelvic dan muskuloskeletal dapat memanfaatkan EBRT sebagai terapi utama maupun kombinasi dengan terapi lainnya sebagai ajuvan dan atau kemoradiasi.

Radiasi Interna atau Brakhiterapi adalah metode radiasi diberikan dengan cara mendekatkan sumber radiasi ke dalam tubuh pasien, bisa secara Intracaviter seperti pada kanker endometrium dan kanker serviks atau dimasukkan kedalam tumor (interstitial), seperti pada kanker prostat, kanker lidah, kanker nasofaring dan beberapa keganasan muskuloskeletal. Tujuannya adalah supaya sel kanker mendapatkan dosis lebih tinggi tanpa menimbulkan banyak kerusakan atau toksisitas pada jaringan sekitarnya.  Pada saat ini Brakhiterapi banyak digunakan pada kasus keganasan ginekologi seperti kanker serviks pada stadium awal, Kanker serviks pasca operasi, kanker serviks pasca kemoradiasi sebagai booster, kanker endometrium pasca operasi, dan beberapa keganasan ginekologi lainnya dan kanker prostat.