Ekspertise dari hasil rontgen pada wanita usia 73 tahun dengan konstipasi dan riwayat operasi hemoroid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon maaf ts mau bertanya ekspertise pd ro ini bagaimana ya? Os wanita 73 thn mengatakan susah bab dan flatus sejak 4 hari, riwayat operasi hemoroid sekitar...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ekspertise dari hasil rontgen pada wanita usia 73 tahun dengan konstipasi dan riwayat operasi hemoroid

    16 November 2019, 10:10

    Mohon maaf ts mau bertanya ekspertise pd ro ini bagaimana ya? Os wanita 73 thn mengatakan susah bab dan flatus sejak 4 hari, riwayat operasi hemoroid sekitar seminggu yg lalu, tdk terlalu kesakitan, dtg membawa hasil ini. 

16 November 2019, 12:56
Izin menambahkan dok. Sepertinya ada dilatasi usus. Bgmn dgn pemeriksaan fisik dok? TTV dn abdomen (peristaltik? Distensi?) 
16 November 2019, 13:25
dr. Irfansyah, SpB
dr. Irfansyah, SpB
Dokter Spesialis Bedah
Dg riwayat Op hemorrhoid 4 hr yll, bs jd pasien msh nyeri untuk BAB sehingga keluhan susah BAB dan flatus.. berikan Laxansia dan Diet Bubur dl utk permudah BAB.
Klo dr x ray, saya tidak lihat adanya distensi usus yg bermakna.. distribusi udara baik.

Tp bila keluhan disertai perut kembung, maka awasi tanda obstruksi, seperti mual muntah, tidak bisa BAB dan tidak bisa flatus, lakukan pemeriksaan fisik dan RT serta foto x ray tambahkan foto polos abdomen posisi semi erect dan LLD..
16 November 2019, 21:22
dr. Novandra Abdillah, SpPD
dr. Novandra Abdillah, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Cocok 👍
16 November 2019, 21:38
Mantap 😏👍
16 November 2019, 13:30
dr. Indra Kurniawan, Sp.PD
dr. Indra Kurniawan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Baik dok.. Saya ingin menambahkan dari sisi penyakit dalam.. Yang paling penting adalah dilihat ada tidaknya danger sign (TTV stabil atau tidak, ada tidaknya defence musculare, dan bagaimana kondisi bising ususnya).

Serta dievaluasi adanya muntah. Pada kasus ini yang paling dikhawatirkan adalah ileus. Bila tidak ada tanda danger sign dan tidak ada muntah menonjol, kemungkinan ileus dapat dinomorduakan dulu untuk sementara.

Pada gambaran foto di atas, pertimbangan saya adalah saya melihat adanya dugaan skibala di bagian tengah bawah (daerah anatomi rektosigmoid).. sehingga dugaan sementara lebih ke arah skibala ec low intake dd konstipasi ec efek samping obat..

Mohon dilakukan evaluasi terhadap obat yang dikonsumsi pasien, asupan makanan dan cairan (pasien ini geriatri) serta dapat dilakukan penanganan awal terhadap skibala dengan obat supposutoria atau klisma. Jangan lupa untuk diperhatikan asupan makanan dan cairan yang cukup serta dapat diterima dengan baik oleh pasien.

Semoga dapat membantu. Terima kasih