Efek samping negatif dari mengonsumsi ekstrak ikan gabus. - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dok,Izin menanyakan mengenai pertanyaan user, apakah ada efek buruk ketika rutin mengonsumsi ekstrak ikan gabus? Sedang saran mengonsumsi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efek samping negatif dari mengonsumsi ekstrak ikan gabus.

    01 Juni 2018, 20:08

    Selamat malam dok,



    Izin menanyakan mengenai pertanyaan user, apakah ada efek buruk ketika rutin mengonsumsi ekstrak ikan gabus? Sedang saran mengonsumsi ekstrak tsb bukan dari dokter, hanya membaca dari internet dan masukan dari org lain saja dok, artinya tidak ada data medis yg menunjukkan kondisi pasien saat ini mengalami hipoalbumin. Pasien hanya mengeluhkan berat badan underweight dan sering sesak napas saja dok.



    Mohon advis dok, terimakasih 😊

01 Juni 2018, 21:26
hai dok

kalo sepemahaman saya, extract gabus punya kandungan protein dan zink yang tinggi. so far belum ada laporan adverse effect. kebanyakan riset kayaknya berkonsentrasi ke efekny thd wound healing, bukan weight gain.

menurut saya, pertama mungkin bisa digali dulu faktor risiko pasien dan kemungkinan adanya underlying disease.
kalo overall health pasien okei, selanjutnya pasien bisa diedukasi untuk modifikasi gaya hidup yang sehat, sehingga weight gain pun adalah weight gain yang sehat dok.

semoga membantu, cheers!
01 Juni 2018, 22:42
Baik dr.Bedry, terima kasih 😊
02 Juni 2018, 00:08
Willy
Willy
Dokter Umum
hai dr Valan

Suplemen ekstrak ikan gabus yang dikemas dalam bentuk kapsul memang sering digunakan untuk pasien hipoalbumin, karena mengandung tinggi protein.

Namun hal tersebut hanya terapi adjuvan saja, karena yang terpenting adalah mengetahui dan mengatasi penyebab dari hipoalbumin tersebut, misalnya:
1. Akibat asupan atau penyerapan protein yang kurang akibat malnutrisi atau malabsorbsi.
2. Produksi albumin yang kurang akibat penyakit hati.
3. Pemakaian albumin berlebih pada infeksi berat.
4. Pembuangan yang berlebihan pada sindrom nefrotik.

Agar ga hanya seperti tambal sulam saja dok. Sebaiknya di edukasi agar pasien berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui penyebab dan manajemen lebih lanjut.

Semoga bermanfaat dok. 😁

02 Juni 2018, 00:28
Willy
Willy
Dokter Umum
Hai dr Valan.

Mohon maaf saya baru telaah kembali pertanyaannya.

Saya kurang tau si dok untuk masalah efek samping, literaturnya agak kurang dok. Cuma untuk suplemen seperti itu bisa menjadi tidak baik bila dikonsumsi tidak sesuai dengan indikasinya atau melebihi batas asupan yang dianjurkan (apalagi tidak sesuai dengan petunjuk dokter), atau ikan gabusnya serta bahan pembuatan kapsulnya dapat berisiko menimbulkan reaksi alergi.

Underweight dan sesak napas memang bisa menjadi salah satu tanda hipoalbumin, tetapi paling baik bila dicari tau underlying disease, karena hipoalbumin hanya tanda bahwa ada yang salah baik dr asupan, penyerapan, pembentukan atau pembuangan albumin itu sendiri. Dan juga underweight dan sesak napas belum tentu hanya akibat dari hipoalbumin, bisa tanda dari penyakit lain. Bilamana memang underlying disease tersebut juga menimbulkan hipoalbumin, terapi definitif terhadap underlying disease dirasa paling penting dan penambahan suplemen ekstrak ikan gabus mungkin hanya dapat menjadi terapi adjuvan saja.

Coba edukasi kepada user untuk konsultasi kepada dokter, guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga membantu.
02 Juni 2018, 09:39
Terima kasih dr.Willy 😊